FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan workshop yang diselenggarakan pada hari Jumat, 26 November 2021 pukul 09.00 – 11.00 WIB. Acara ini menggunakan aplikasi Zoom untuk bertatap muka secara daring. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tema dari acara ini yaitu “Tips dan Trik Menulis Produktif di Jurnal Terindeks Scopus”.

Acara ini mengundang narasumber yakni Achmad Syafiuddin, Ph.D. Sekilas tentang Achmad adalah dosen di Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) masuk dalam daftar ilmuwan top dunia tahun 2021 yang baru-baru ini dirilis oleh Elsevier, lembaga penerbit tingkat dunia yang mengelola Scopus. Scopus adalah salah satu data center atau database sitasi dan literasi jurnal ilmiah bereputasi yang sekarang menjadi salah satu rujukan Diktiristek untuk pemeringkatan institusi dan peneliti di Indonesia. Workshop ini dimoderatori oleh Dr. A. Bakir Ihsan, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UIN Jakarta.

Sebelum narasumber memberikan pemaparan materi workshop, Dekan FISIP UIN Jakarta Prof. Dr. Ali Munhanif, M.A. memberikan kata pengantar yang mana mendukung acara workshop ini untuk mendorong para dosen FISIP bisa menulis jurnal yang produktif terindeks Scopus.

Achmad memaparkan materi tentang bagaimana kebaruan penelitian mengacu pada satu atau elemen yang baru dalam penelitian, termasuk metodologi baru atau pengamatan baru yang mengarah pada penemuan pengetahuan baru. “Kebaruan penelitian dan dampak penelitian dapat menjadi cara strategis untuk menarik perhatian pembaca dalam sebuah makalah penelitian” ujar Achmad.

Selesai narasumber memberikan pemaparan, dibuka sesi tanya jawab kepada narasumber oleh dosen dan peneliti. Peserta sangat aktif bertanya kepada narasumber dan antusias dari awal mengikuti workshop yang diadakan ini.