FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan workshop untuk dosen yang diselenggarakan pada  27-29 Juli 2022 di hotel Aston Sentul, Bogor. Tema pada acara workshop ini yaitu “Penguatan Kurikulum MBKM Menuju Era Masyarakat 5.0”.

Acara ini mengundang narasumber yakni Dr. Alim Setiawan, STP, M.Si. (FEM Institut Pertanian Bogor). Sekilas profil narasumber yaitu dosen tetap pada prodi Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor. Alim merupakan salah satu dosen IPB yang merancang system kurikulum MBKM. Acara ini dihadiri oleh para dosen FISIP seperti Prof. Dr. Saiful Mujani, MA., Dr. Burhanuddin Muhtadi, MA. Dan Adi Prayitno, MIP.

Mengawali acara dengan sambutan dari Dekan FISIP UIN Jakarta Prof. Dr. Ali Munhanif MA. Yang mengatakan acara workshop kali ini menjadi ajang silaturahmi para dosen setelah 2 tahun tidak bertemu karena pandemi COVID-19 dan merumuskan system serta mengimplementasi kurikulum MBKM pada tahun ajaran baru 2022/2023.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Alim dengan menjelaskan pengembangan dan implementasi kurikulum MBKM pada level universitas dan fakultas. “Dosen harus merancang tahapan pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi untuk mendukung implementasi BKP-MBKM sesuai KKNI & SN-Dikti dengan pendekatan OBE yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif” ujar Alim. Setelah narasumber selesai memaparkan materi dilakukan pemberian cinderamata dari Dekan FISIP.

Kemudian acara berlanjut pada rapat sidang komisi pembahasan kurikulum MBKM dan update RPS mata kuliah pada masing-masing prodi. Pada akhir acara terdapat sidang pleno dimana para kaprodi memaparkan hasil dari rapat sidang komisi dan ditutup acara workshop oleh Dekan FISIP.