FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan workshop yang diselenggarakan pada hari Rabu, 29 September 2021 pukul 10.00 – 12.00 WIB. Acara ini menggunakan aplikasi Zoom untuk bertatap muka secara daring. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tema dari acara ini yaitu “Mengelola Referensi Karya Ilmiah dengan Mendeley”.

Acara ini mengundang narasumber yakni Astri Ayu Purwati (Institut Bisnis dan Pelita Indonesia Pekanbaru) dimoderatori oleh Bambang Ruswandi, M.Stat (Dosen FISIP UIN Jakarta). Sekilas profil tentang Astri yakni lulusan S2 dari Universitas Kebangsaan Malaysia dan menjadi dosen tetap di pada prodi manajemen di Institut Bisnis dan Pelita Indonesia. Dekan FISIP Prof. Dr. Ali Munhanif, MA. memberi sambutan dalam acara ini. Ia mengatakan acara ini penting untuk mahasiswa dan kami juga mendorong dosen untuk ikut serta dalam workshop ini untuk meningkatkan kemampuan penulisan karya ilmiah yang bagus.

Acara dilanjutkan pemaparan oleh Astri dengan memberi informasi bagaimana langkah-langkah dalam menginstal aplikasi Mendeley di laptop berbasis WIndows/Mac Os. Setelah para peserta menginstal software Mendeley di laptop mereka, Astri pun menjelaskan tentang cara melihat referensi karya-karya ilmiah yang sudah diupload ke dalam Mendeley dan juga memaparkan cara penulisan karya ilmiah yang baik.

Selesai narasumber memberikan pemaparan, dibuka sesi tanya jawab kepada narasumber oleh dosen dan mahasiswa. Mahasiswa sangat aktif bertanya kepada narasumber dan antusias dari awal mengikuti workshop yang diadakan ini.