FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik megadakan webinar yang diselenggarakan pada hari Rabu, 30 September 2020 pukul 10.00 – 12.00 WIB. Acara ini menggunakan aplikasi Zoom untuk bertatap muka secara daring. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tema dari acara ini yaitu “Strategi Pembelajaran Online Secara Efektif dan Menyenangkan”.

 kali ini mengundang pembicara yakni Ambar Sari Dewi, S.Sos., M.Si., Ph.D (UIN Yogyakarta) dan Grendi Hendrastomo, S.Sos., MM., MA (UNY Yogyakarta). Acara ini dimoderatori oleh Kasyfiullah, M.Si (FISIP UIN Jakarta).

Ambar menjadi pembicara pertama dengan menyampaikan tentang platform online apa yang bisa memindahkan suasana belajar offline menjadi online. “Pada acara perkuliahan online ada 3 prinsip yaitu mencari platform yang tidak menghabiskan biaya mahasiswa, irit kuota internet, ramah resources dengan handphone atau laptop” ujar ambar. Ia juga menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing platform online yang digunakan untuk perkuliahan jarak jauh.

Kemudian dilanjutkan oleh Grendi yang menjadi pembicara kedua dengan menyampaikan pembelajaran daring yang diharapkan bisa mendekati pembelajaran tatap muka (aspek relasi antar individu), berorientasi pada kegiatan belajar. “Kondisi jaringan, sinyal, keterbatasan kuota dan ketersediaan gadget menjadi
kendala pembelajaran daring karena teknologi memaksa untuk menyesuaikan (determinisme teknologi) padahal teknologi
harus disesuaikan dengan kebutuhan (determinisme sosial)” ujar Grendi.

Pada akhir acara ada sesi tanya jawab antara peserta kepada pembicara.