FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik megadakan Tadarus Politik yang  diselenggarakan pada hari Rabu, 20 Mei 2020 pukul 14.00 – 16.00 WIB. Acara ini menggunakan aplikasi Zoom untuk bertatap muka secara daring. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Webinar kali ini mengundang narasumber yakni, Dr. Luthfi Assyaukani (Universitas Paramadina), Dr. Syafiq Hasyim (Dosen FISIP UIN Jakarta), Prof. Dr. Ali Munhanif, MA (Dekan FISIP UIN Jakarta). Acara ini dimoderatori oleh Dr. Iding Rosyidin, M.Si (Kaprodi Ilmu Politik FISIP UIN Jakarta).

Luthfi menjadi pembicara pertama yang memaparkan materi dengan mengatakan bahwa demokrasi di dunia islam memiliki keterbatasan adanya kendala inheren dalam pondasi negara, baik dalam bentuk konstitusi maupun undang-undang yang dimilikinya.

kemudian dilanjutkan oleh pembicara kedua yaitu Syafiq yang menjelaskan negara-negara represif berdasarkan agama menganut sistem teologi politik islamisme yang mengatur segala hal berkaitan dengan umat islam.

Pembicara terakhir yakni Ali menjelaskan tentang keadaan politik timur tengah dimana 20 tahun sebelum adanya Arab Spring dan kudeta mereka sangat enjoy dengan pemerintahan, ulama, cendekiawan, militer.