FISIP Daring, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar acara Webinar dan Orasi Kebangsaan yang bertajuk “Kontribusi Pendidikan Tinggi Islam Dalam Merajut Kebhinekaan: 75 Tahun Kemerdekaan RI”. Acara ini diselenggaran pada hari Selasa, 18 Agustus 2020 di Aula Gedung NICT UIN Jakarta dan disiarkan secara live melalui Zoom dan Youtube.

Webinar ini mengundang narasumber diantaranya Prof. Dr. Amany Lubis, MA. (Rektor UIN Jakarta), Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si (Wakil Menteri Agama RI) dan Dr. Saiful  Mujani, MA. (Dosen FISIP UIN Jakarta dan Pendiri SMRC). acara dimulai dengan sambutan oleh Rektor dan pemberian hadiah kompetisi serta pemberian cinderamata berupa buku oleh Dr. Saiful Mujani, MA kepada Rektor.

Acara dilanjutkan dengan arahan dari narasumber kedua yakni Wakil Menteri Agama RI Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si. Ia memberi apresiasi launching buku yang berjudul “Esai-esai Moderasi Beragama Mahasiswa UIN Jakarta” dan “Antologi Puisi Cinta untuk UIN Jakarta”. selesai memberi pemaparan dilanjutkan oleh narasumber ketiga yakni Dr. Saiful Mujani, MA. Ia memaparkan tentang merajut kebinekaan kita sebagai negara-bangsa adalah sebuah pengakuan dan peneguhan akan keberagaman berbagai komponen negara-bangsa kita yang harus dijaga dan diperkuat dalam rangka memperkuat persatuan negara-bangsa kita. masih dalam lanjutannya ia mengatakan perguruan tinggi Islam, sebagai institusi di mana pemikiran keislaman dikembangkan, harus berada di garis paling depan dalam upaya merajut keberagaman agama dan faham keagamaan anak bangsa.