FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan studium general yang diselenggarakan pada hari Rabu, 22 September 2021 pukul 09.00 – 11.00 WIB. Acara ini menggunakan aplikasi Zoom untuk bertatap muka secara daring. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tema dari acara ini yaitu “Sociology For Good Society”.

Studium general kali ini mengundang pembicara yakni, Novri Susan, S.Sos., MA., Ph.D (Dosen Sosiologi Universitas Airlangga), dimoderatori oleh Dr. Iim Halimatusa’diyah, MA. (Dosen Sosiologi FISIP UIN Jakarta ) selain itu sambutan dan pengantar studium general dari Dekan FISIP UIN Jakarta yakni Prof. Dr. Ali Munhanif, MA. Dalam sambutannya ia mengatakan para mahasiswa dapat memahami strategi dalam menyelesaikan permasalahan sosial pada masyarakat, dan kebijakan pemerintah.

Acara dilanjutkan pemaparan oleh  Novri yang mengatakan bahwa setiap masalah sosial mengambil bentuk tindakan-tindakan aktor dalam banyak arena khusus seperti politik, ekonomi, industri, hukum, lingkungan dan lain-lain. “Proses menemukan alasan satu fenomena sosial muncul dengan menggunakan metode tertentu (kualitatif/kuantitatif) dan dianalisis oleh pendekatan teoritis” ujar Novri.

Selesai narasumber memberikan pemaparan, dibuka sesi tanya jawab kepada narasumber oleh mahasiswa. Mahasiswa sangat aktif bertanya kepada narasumber dan antusias dari awal mengikuti studium general ini.