FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik megadakan Studium Generale yang diselenggarakan pada hari Jumat, 30 September 2022 pukul 09.00 – 11.30 WIB. Acara ini bertempat di Auditorium Prof. Bahtiar Effendy FISIP UIN Jakarta dan juga disiarkan melalui zoom dan youtube. Tema dari acara ini yaitu “Mewujudkan Pemilu 2024 yang Berintegritas: Peluang dan Tantangan”. 

Studium generale kali ini mengundang pembicara yakni, Mochamad Afifuddin, M.Si (Komisioner KPU RI), selain itu sambutan dan pengantar studium generale dari Dekan FISIP UIN Jakarta yakni Prof. Dr. Ali Munhanif, MA. Acara dimoderatori oleh Dr. Iding Rosyidin, M.Si (Kaprodi Ilmu Politik) dengan pembawaannya yang khas penuh semangat.

Dekan FISIP memberi sambutan pada acara studium generale ini dengan memberi harapan agar acara ini dapat membuka wawasan mahasiswa dalam menyambut pemilu 2024 di Indonesia dan menjadi lebih produktif dalam menggali informasi yang positif. Ia juga menceritakan gambaran politik Indonesia saat ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh pembicara yakni Mochamad Afifuddin, M.Si dengan menceritakan sedikit proses pemilu tahun 2019. “Generasi muda diharapkan mampu menyebarkan dan menjaga nilai-nilai toleransi atas persaingan politik sehingga Pemilu dimaknai sebagai sarana integrasi bangsa” ujar Afif. Masih dalam lanjutannya, generasi muda mendominasi pemilih di tahun 2024 yang artinya merekalah pemangku kepentingan sesungguhnya .

Selesai narasumber memberikan pemaparan, dibuka sesi tanya jawab kepada narasumber oleh mahasiswa. Mahasiswa sangat aktif bertanya kepada narasumber dan antusias dari awal mengikuti studium general ini. Acara ditutup dengan pemberian cinderamata kepada narasumber serta mahasiswa mendapatkan buku karya Mochamad Afifuddin, M.Si.