FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik megadakan studium general yang diselenggarakan pada hari Rabu, 15 September 2021 pukul 10.00 – 12.30 WIB. Acara ini menggunakan aplikasi Zoom untuk bertatap muka secara daring. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tema dari acara ini yaitu “Mengamankan Perbatasan Dari Ancaman Keamanan”.

Studium general kali ini mengundang pembicara yakni, Dr. Elyta, M.Si (Dosen Hubungan Internasional Universitas Tanjungpura), dimoderatori oleh Dr. Faisal Nurdin, M.Si (Kaprodi Hubungan Internasional )selain itu sambutan dan pengantar studium general dari Dekan FISIP UIN Jakarta yakni Prof. Dr. Ali Munhanif, MA. Dalam sambutannya ia mengatakan para mahasiswa dan peneliti diminta untuk mengamati perubahan-perubahan ancaman keamanan pada negara-negara berkembang.

Acara dilanjutkan pemaparan oleh  Elyta yang mengatakan bahwa keamanan tradisional yaitu kemampuan suatu negara untuk melindungi negara dari serangan militer yang berasal dari lingkungan eksternal. “Keamanan tidak lagi identik dengan isu-isu militer namun juga isu-isu non-militer, seperti kemiskinan, HAM, ketersediaan pangan, isu gender dll” ujar Elyta. Berakhirnya perang dingin dan menguatnya berbagai isu non-militer, pengertian keamanan mengalami perubahan menjadi keamanan manusia.

Selesai narasumber memberikan pemaparan, dibuka sesi tanya jawab kepada narasumber oleh mahasiswa. Mahasiswa sangat aktif bertanya kepada narasumber dan antusias dari awal mengikuti studium general ini.