FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik megadakan Studium Generale yang diselenggarakan pada hari Rabu, 16 November 2022 pukul 10.30 – 12.30 WIB. Acara ini bertempat di Auditorium Prof. Bahtiar Effendy FISIP UIN Jakarta dan juga disiarkan melalui zoom dan youtube. Tema dari acara ini yaitu “Cyber Diplomacy dan Ancaman Dunia Maya di Tengah Pergeseran Geopolitik Dunia”. 

Studium generale kali ini mengundang pembicara yakni, Dr. Pratama Dahlian Persadha (Chairman of Communication and Information System Security Research Center), selain itu sambutan dan pengantar studium generale dari Dekan FISIP UIN Jakarta yakni Prof. Dr. Ali Munhanif, MA. Acara dimoderatori oleh Robi Sugara, M.Sc (FISIP UIN Jakarta) dengan pembawaannya yang khas penuh semangat.

Dekan FISIP memberi sambutan pada acara studium generale ini dengan memberi harapan agar acara ini dapat membuka wawasan mahasiswa dalam cyber diplomacy global dan menjadi lebih produktif dalam menggali informasi yang positif. Ia juga menceritakan gambaran ancaman cyber di Indonesia saat ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh pembicara yakni Dr. Pratama Dahlian Persadha dengan menjelaskan cyber diplomacy. “Cyber diplomacy yang dilakukan oleh negara terdapat di dua level, yaitu Kementerian Luar Negeri dan kedutaan yang berlokasi di seluruh dunia dengan beroperasi pada dua level, negara-negara dapat menyesuaikan pesan kebijakan luar negeri dan citra negaranya sesuai dengan karakteristik dari khalayak lokal–misalnya sejarah, budaya, nilai-nilai, dan tradisi mereka– agar dapat mencapai target kebijakan luar negeri dan citra yang ingin mereka bangun” ujar Pratama. masih dalam lanjutannya selain diplomasi antar negara, diplomat juga berinteraksi dengan berbagai aktor non-negara, seperti pemimpin perusahaan internet (misalnya Facebook atau Google), pengusaha teknologi atau organisasi masyarakat sipil.

Selesai narasumber memberikan pemaparan, dibuka sesi tanya jawab kepada narasumber oleh mahasiswa. Mahasiswa sangat aktif bertanya kepada narasumber dan antusias dari awal mengikuti studium general ini dan 5 penanya dengan pertanyaan terbaik mendapatkan masing-masing 100 US Dolar yang diberikan oleh narasumber. Acara ditutup dengan pemberian cinderamata kepada narasumber.