FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan studium general sekaligus bedah buku Vote  Buying in Indonesia: The Mechanics of Electoral Bribery karya Dr. Burhanuddin Muhtadi, M.A yang merupakan dosen FISIP UIN Jakarta sekaligus Direktur Eksekutif INDIKATOR. Acara dileselenggarakan rabu, 2 Oktober 2019 di Aulamadya.

Pembukaan acara diawali dengan sambutan dari Dekan FISIP yakni Dr. Ali Munhanif, M.A. Narasumber yang dihadirkan tidak hanya Dr. Burhanuddin Muhtadi, M.A tetapi turut mengundang juga Titi Anggraini, M.A selaku Direktur Eksekutif PERLUDEM. Acara ini dimoderatori oleh Adi Prayitono, M.Si dengan pembawaannya yang khas penuh semangat.

Dalam pemaparannya Burhan mengatakan bahwa politik uang hari ini tidak hanya menyasar pada masyarakat sebagai pemilih namun juga menyasar pada penyelenggara pemilu agar dapat melakukan kecurangan. “Politik uang di Indonesia menduduki peringkat ke tiga di dunia, karena politik uang di Indonesia sudah dianggap lazim dan terjadi di berbagai lapisan masyarakat” ujar Burhan. Selanjutnya Titi memberikan penjelasan tentang Politisi di Indonesia yang sangat faham bagaimana lapangan target politik uang mereka dan mekanisme politik uang apa yang akan mereka lakukan.

Selesai narasumber memberikan pemaparan, dibuka sesi tanya jawab kepada narasumber oleh mahasiswa. Mahasiswa sangat aktif bertanya kepada narasumber dan antusias dari awal mengikuti studium general ini. Acara ditutup dengan pemberian cinderamata kepada narasumber serta mahasiswa mendapatkan buku karya Dr. Burhanuddin Muhtadi, M.A.