FISIP Daring, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FISIP UIN Jakarta melaksanakan kegiatan temu alumni dengan para mahasiswa pada (10/10) Sabtu pagi melalui daring/virtual. Tema yang diangkat oleh DEMA FISIP dan Wakil Dekan Kemahasiswaan adalah “Sharing Alumni: Sukses Bekerja di Pemerintahan, Media, dan NGO”.

acara ini mengundang para alumni FISIP UIN Jakarta yang telah sukses bekerja di pemerintahan dan media, seperti Pandu Wibowo, S.Sos, M.E (Komisi Aparatur Sipil Negara RI), Ikhsan Dalimunte, S.Sos, M.E (CNN Indonesia), Oktanta Tri, S.Sos (Kemenpora RI), Mutiara Ramadhani, S.Sos (Babe News), Rakhmatullah, S.Sos (Sinar Indonesia), dan Susan Sovia (Sekolah Sukma Bangsa Aceh).

Dekan FISIP UIN Jakarta yakni Prof. Dr. Ali Munhanif dan Wadek Kemahasiswaan yakni Dr. Badrus Sholeh, M.A. membuka acara ini. Pesan yang disampaikan Prof. Ali Munhanif kepada para peserta/mahasiswa dan juga narasumber adalah semoga acara ini dapat menjadi koneksi antara alumni, fakultas, dan mahasiswa untuk saling sharing pengetahuan serta informasi dalam dunia kerja pasca kampus.

“Alumni FISIP UIN Jakarta memiliki daya tarik tersendiri dalam dunia kerja dibanding alumni FISIP Universitas lain. Alumni kita memiliki keunggulan dalam penguasaan teori, aplikasi teori dalam bentuk usulan kebijakan, dan juga alumni kita menang dalam hal budaya kerja seperti kedisiplinan, manajerial, serta kepemimpinan. Tantangan kedepan yang harus disiapkan para mahasiswa FISIP UIN Jakarta di dunia kerja ada 3, yaitu: persaingan intelektual, persaingan jaringan, dan persaingan politik”, Ujar Pandu.
“Kita sebagai mahasiswa harus mempersiapkan hard skill, soft skill, networking, dan pengalaman seperti magang di perusahaan atau instansi untuk memperkanalkan diri kita dan menunjukan bakat kita, sehingga saat lulus dari kampus para alumni FISIP UIN Jakarta mudah mencari kerja”, ujar Mutia.
Sharing alumni dan para mahasiswa ini adalah bentuk kegiatan positif yang diinisiasi oleh Bagian Kemahasiswaan, karena tentunya mempersiapkan para mahasiswa pasca kampus sangat penting dalam menghadapi persaingan domestik dan global dalam hal pencarian kerja.