FISIP Daring, Dewan Esekutif Mahasiswa FISIP UIN Jakarta bekerjasama dengan ruangngobrol.id mengadakan seminar yang bertajuk “Revolusi Digital Dan Tantangan Keberagaman Di Era Globalisasi”. Acara digelar pada hari kamis, 26 September 2019 bertempat Aulamadya FISIP.

Pada seminar ini mengundang narasumber yaitu Mohammad Hasan Anshori, Ph.D (Dosen FISIP UIN Jakarta & Deputi Direktur Program dan Riset The Habibie Center), Aline Jusria (Editor Film “Dua Garis Biru”), Arlian Buana (Content Manager Geotimes.co.id & mojok.co), Silih Agung (Pakar Political Branding) dan Rita Wulandari ( Cyber Crime POLRI).

Acara ini mendapat antusias dari para mahasiswa yang ingin mengetahui tentang revolusi digital dan tantangannya di era globalisasi. Di zaman globalisasi pertukaran data informasi sangatlah cepat hanya melalui genggaman ponsel pintar.

“Beberapa media sosial terbukti menjadi sumber dan akses keterpaparan terhadap konservatisme dan radikalisme, seperti youtube, instragram, line, facebook, dan whatsapp”ujar Hasan. Kemudian Rita Wulandari menjelaskan tentang upaya Dittipidsiber Bareskrim POLRI dalam mempertahankan keberagaman Bangsa Indonesia. Selanjutnya Arlian Buana menjelaskan tentang Peace Jurnalism dan Silih Agung menjelaskan tentang Political Branding in Diversity.

Acara ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada mahasiswa bagaimana menyikapi konten positif dan negatif dalam dunia maya serta tantangan digitalisasi di zaman era globalisasi.