FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan seminar yang bertajuk “Islam In the New World Order: Systemic Factors and Domestic Dynamics”. Seminar ini diselenggarakan pada hari kamis, 3 Oktober 2019 di Auditorium FISIP.

Acara ini mengundang narasumber yakni Prof. Peter Mandaville (George Mason University), Prof. Greg Fealy (Australia National University), Prof. Din Syamsuddin( FISIP UIN Jakarta). Acara dimoderatori dengan penuh semangat oleh Eva Mushoffa, M.A (FISIP UIN Jakarta).

“Untuk memiliki perdamaian yang berkelanjutan, kita perlu kerja sama dan dialog, kerja sama dan dialog di antara peradaban benar-benar perlu dilakukan.” ujar Prof. Din. Masih dalam lanjutannya Islam adalah salah satu peradaban dunia yang memiliki dampak besar dan harus mewakili sebagai agama perdamaian.

Setelah Prof. Din Syamsuddin kemudian Prof. Peter memberikan materi penjelesan tentang gagasan proyek politik Islam islamisme, mungkin berada di persimpangan. “Ini mungkin mencapai titik di mana ideologis ini menanyakan beberapa eksistensial yang sangat mendasar tentang apa artinya terlibat dalam aktivisme politik dan aktivitas politik yang diilhami oleh Islam dan kami melihat bahwa kami akan mencapai beberapa hasil penting untuk menemukan bagian dari ideologi Islam, nilai , dan etika” Ujar Prof Peter.

Terakhir yang memberikan materi ialah Prof. Greg yang menjelaskan tentang modernis dan tradisionalis juga berkolaborasi untuk mengembangkan mekanisme untuk melindungi sistem dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia.

Sebelum akhir acara dilakukan sesi tanya jawab oleh mahasiswa kepada narasumber. Setelah itu acara ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama.