FISIP DaringHimpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada hari Jumat 06 Desember 2019 mengadakan Seminar Kewirausahaan yang bertajuk “Entrepreneur Talks dan Scholarship Expo”. Acara ini berlangsung di Auditorium FISIP UIN yang dimulai pukul 14.00 – 16.00  WIB.

Workshop ini berbentuk diskusi panel. Seminar ini dibuka dengan memperkenalkan narasumber yakni H. Sandiaga Uno, M.B.A. (Founder OK OCE dan Rumah Siap Kerja Indonesia), Iim Rusyamsi (Chairman of OK OCE), Riza Villano Satria Putra (CEO of Alma Corporation) M. Rizqullah (National Head of AIESEC Indonesia), Romero Sinaga (Representations of Uni-Italia in Indonesia), M. Rasyid (Head of PPI News Zealand 2016-2017).

Sandiaga Uno menjadi pembicara pertama yang mengawali seminar ini dengan memberikan sambutan hangat dan memberikan semangat entrepreneur kepada mahasiswa FISIP UIN Jakarta. Ia juga menceritakan awal mula merintis karir menjadi pebisnis pada tahun 1998 bersama Erwin Serjadjaja mendirikan PT Saratoga Investama Sedaya yaitu perusahaan bergerak dibidang sumber daya alam dan infrastruktur.

“Kalian adalah mahasiswa di zaman milenial harus berani tidak takut dalam meraih sukses di dalam berbisnis karena apabila kamu tekuni di bidang bisnis Insya Allah akan meraih kesuksesan”ujar Sandi. Masih dalam lanjutannya ia juga mencontohkan Rasulullah SAW. memulai berdagang saat usia belia yang kini menjadi inspirasinya dalam berbisnis.

Sandi mengungkapkan ada 4 etos kerja yang kalian miliki untuk para remaja milenial yakni, kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, dan jangan pernah kerja setengah-setengah. Menurut Sandi, kerja keras tidak akan mengkhianati hasil maka dari itu hindari bermalas-malasan kalau ingin meraih kesuksesan.

Acara dilanjutkan dengan narasumber lain yang memberikan materi tentang semangat berbisnis. Acara seminar ini diikuti dengan penuh semangat oleh para mahasiswa karena pentingnya materi yang disampaikan oleh para narasumber.