FISIP Daring.  Pada hari rabu 24 April 2019, FISIP UIN Jakarta mengadakan kuliah umum yang diselenggarakan pada pul 09.00 WIB -12.00 WIB di Auditorium FISIP. Tema dari kuliah umum adalah Russia in Contemporary Global Politics. Kegiatan ini agenda rutin yang dilakukan fakultas mengadakan kuliah umum dengan mengundang pembicara dari luar. Acara ini mendapat antusias dari para mahasiswa yang datang mengikuti kegiatan acara kuliah umum ini.

Kuliah umum kali ini mengundang pembicara dari Duta Besar Rusia untuk Indonesia yakni HE. Mrs. Lyudmila Georgievna Vorobieva. Acara ini dibuka oleh sambutan dari Dekan FISIP Dr. Ali Munhanif, M.A. Moderator pada acara ini yakni Irfan R. Hutagalung, LLM. Tidak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Din Syamsuddin (dosen FISIP), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Agus Nugraha, M.A; Kaprodi Hubungan Internasional yakni Ahmad Alfajri, M.A dan Sekretaris prodi Hubungan Internasional Eva Mushoffa, M.A.

“Acara semacam ini kami adakan untuk membuka wawasan dan informasi mahasiswa menjadi lebih luas dan lebih dalam mengenai prospek langkah Rusia dalam politik global”, tutur Ali. Setelah memberi sambutan kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan yang dilakukan oleh narasumber yakni HE. Mrs. Lyudmila Georgievna Vorobieva.

Dia mengatakan Rusia merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang artinya, Rusia memiliki hak untuk memveto setiap resolusi besar. Selain itu, negara ini memainkan peran strategis dalam perpolitikan Eropa apalagi berkat partisipasinya dalam menyelesaikan konflik Suriah, Rusia memiliki posisi penting di Timur Tengah. Meski begitu, potensi ekonomi Rusia tidak sebesar AS. Dengan PDB terbesar ke-11 di dunia, Rusia jelas merupakan negara yang penting, tetapi bukan negara adikuasa secara ekonomi.

Selesai memberikan pemaparan dilanjutkan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap narasumber. Kemudian di akhir acara Dekan FISIP serta Kaprodi HI memberikan cinderamata kepada  HE. Mrs. Lyudmila Georgievna Vorobieva dan foto bersama.