FISIP Daring.  Pada hari selasa 2 Juli 2019, FISIP UIN Jakarta mengadakan kuliah umum yang diselenggarakan pada pul 09.00 WIB -12.00 WIB di Aula Madya FISIP. Tema dari kuliah umum adalah Kontekstualisasi Sosiologi Klasik Dalam Penelitian Sosial Kegiatan ini agenda rutin yang dilakukan fakultas mengadakan kuliah umum dengan mengundang pembicara dari luar. Acara ini mendapat antusias dari para mahasiswa yang datang mengikuti kegiatan acara kuliah umum ini.

Kuliah umum kali ini mengundang pembicara dari Dosen Universitas Universitas Indonesia yakni Dr. Ida Ruwaida., S.Sos, M.Si. Acara ini dimoderatori oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum yakni Dr. Dzuriyatun Toyibah., M.Si dengan penuh semangat sekaligus membuka acara dengan memberikan sambutan.

“Belajar sosiologi adalah belajar melepaskan diri dari Commonsense (pikiran “sehat” yang “bias” karena diganggu oleh: kepentingan, sistem nilai, kepercayaan, tradisi dsb”, ujar Dr. Dzuriyatun Toyibah, M.Si. Setelah memberi sambutan kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan yang dilakukan oleh narasumber yakni Dr. Ida Ruwaida., S.Sos, M.Si.

Dia mengatakan kekuatan sosial /masyarakat menentukan pilihan-pilihan individu pada setiap kehidupan. Belajar berempati/Menempatkan diri pada situasi marjinal dan krisis yang dialami oleh kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat menajamkan perspektif sosiologis.

Selesai memberikan pemaparan dilanjutkan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap narasumber yang menjadi penutup dalam acara ini.