FISIP Daring. Berbagai bentuk kegiatan diselenggarakan oleh Program-Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta. Salah satunya adalah kegiatan pelatihan SPSS pada Kamis (15/02/18) di Laboratorium FISIP yang diselenggarakan oleh Prodi Sosiologi. SPSS merupakan  program komputer yang dipakai untuk analisis statistika

Pelatihan SPSS ini diikuti oleh 35 mahasiswa-mahasiswi FISIP UIN Jakarta dan kegiatan tersebut dimulai dari pukul 09.00 – 11.00 WIB. Adapun rangkaian acaranya di antaranya, langkah-langkah dalam menambah variabel penelitian, tingkat pengukuran yang bergantung kepada kuesioner penelitian, juga penggunaan skala seperti nominal, ordinal, interval dan rasio.

Para peserta pelatihan merasa antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Metode pelatihan yang diajarkan kepada mahasiswa, lebih banyak diberikan dengan pratik langsung dalam mengaplikasikan SPSS yang dikolaborasikan dengan pemahaman materi dan pengalaman penelitian yang dijelaskan langsung oleh nara sumber pelatihan, yaitu Risang Rimbatmaja M.Si.

Kepada para peserta pelatihan, Risang mengatakan, di era modern seperti skarng ini sangat penting belajar SPSS dalam menghadapi dunia kerja sebagai peneliti. Peneliti yang bisa menggunakan data base dan menganalisis statistik banyak diperlukan oleh kantor-kantor pemerintahan dan lembaga lainnya. Maka, pelatihan ini akan memperluas wawasan maupun skill mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja saat ini.

Selain itu, pelatihan SPSS ini merupakan salah satu satu solusi agar mahasiswa FISIP UIN Jakarta paham  mengenai cara dan metode dalam meneliti maupun mengalisis data yang bersifat kuatitatif khususnya saat penelitian skripsi melalui penggunaan aplikasi SPSS. Ke depan diharapkan para mahasiswa da mahasiswi FISIP UIN Jakarta berani dan mampu berkontribusi dalam penelitian sosial yang bersifat kuantitatif. Demikian penegasan yang disampaikan oleh nara sumber kepada para peserta pelatihan.