FISIP Daring, Pengukuhan Guru Besar diselenggarakan oleh UIN Jakarta pada tanggal 06 Januari 2021 bertempat di Auditorium Harun Nasution. pada pengukuhan Guru Besar kali ini mengukuhkan 2 orang yakni Prof. Dr. Ali Munhanif, MA sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Politik FISIP UIN Jakarta dan Prof. Dr. Amelia Fauzia, S.Ag, MA. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Sejarah Islam Indonesia Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta.

Ali Munhanif lahir di sebuah kota kecamatan, Kunduran, Kabupaten Blora, pada tanggal 12 Desember 1965. Ali dibesarkan dalam lingkungan masyarakat santri yang diwariskan oleh ayahnya, yang hingga akhir hayatnya meningglkan sebuah lembaga pendidikan madrasah di kota itu. Sementara ibunya, Sri Wartini, adalah seroang guru SD yang terpaksa menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya karena beberapa tahun setelah menikah, lebih memilih mendidik anak-anaknya.

Ia menamatkan pendidikan S1 di UIN Jakarta pada tahun 1990. Dari UIN Ciputat yang “hanya jendela” itu lah Ali berkenalan dengan dunia pendidikan internasional.  Atas beasiswa dari Fulbright Scholarship USA, Ali melanjutkan studi pascasarjana di Temple University, Philadelphia, AS, dan memperoleh MA dalam bidang Studi Islam dan Perbandingan Agama (1996).  Tidak lama setalah Reformasi, sekaligus setelah serangan teroris di New York 2021, Ali berangkat ke Canada untuk menempuh pendidikan doctoralnya ke Department of Political Science, McGill University, Kanada, dengan beasiswa CIDA, Canadian International Development Agency. Setelah rintangan demi rintangan di kota Montreal Canda yang dingin itu terlewati, Ali menamatkan PhDnya pada 2009.

Sepulang dari McGill, Ali dipercaya untuk memimpin jurusan di FISIP, jurusan setahun berdiri di UIN Jakarta: Kepala Prodi Ilmu Politik. (2011-2015). Pada periode yang sama, ia juga menjabat Direktur Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM), UIN Jakarta (2011-2015). Ia juga pernah menjabat Direktur pada Institute for Research and Community Outreach (LP2M), UIN Jakarta (2017-2019). Kepakarannya dalam politik telah membawa pria yang pernah menjadi wartawan Majalah Editor (1989-1992) ini dikenal sebagai analis politik di media: Metro TV, Kompas TV, Berita Satu, dan INews TV.

Sejak 2019, Ali dipercaya menjadi Dekan FISIP UIN Jakarta. Dengan posisinya sebagai guru besar di bidang Ilmu Politik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Ali menyadari bahwa ini hanyalah tahapan sementara dari kerja akademik dan aktivisme tentang upaya yang sungguh-sungguh dibutuhkan untuk menjawab tantangan baru dalam politik, demokrasi dan isu-isu keagamaan.