Guru Besar Ilmu Politik FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Saiful Mujani, M.A. mendapatkan penghargaan Lijpart/Pzreworski/Verba Award dari American Political Science Association (APSA). Penghargaan dari Asosiasi Ilmu Politik Amerika Serikat ini merupakan penghargaan kedua. Sebelumnya, 2010, Saiful Mujani dianugerahi penghargaan bergengsi Franklin L. Burdette/Pi Sigma Alpha Award dari American Political Science Association (APSA) dan menjadikannya ilmuwan politik pertama dari luar Amerika yang menerima penghargaan bergengsi tersebut. Dengan penghargaan tersebut pula, Saiful setara dengan ahli politik bertaraf internasional seperti Samuel Huntington, Sidney Tarrow, Michael Wallerstein, dan Mancur Olson.

Saiful Mujani yang meraih gelar Master of Arts pada (1998) dan Doctor of Philosophy (2003) di Ohio State University dalam bidang political science sering mendapatkan penghargaan dari karya-karyanya. Disertasinya yang berjudul “Religious Democrats: Democratic Culture and Muslim Political Participation in Post-Suharto Indonesia” menjadi disertasi terbaik Ohio State University tahun 2004. Juga atas pengabdiannya dalam dunia intelektual, Saiful dianugerahi penghargaan Achmad Bakrie Award (2017) dalam bidang pemikiran sosial.

Di antara karya-karya intelektual Saiful Mujani dalam bentuk buku baik yang ditulis bersama koleganya maupun sendiri, dan diterbitkan di dalam maupun luar negeri adalah Voting Behavior in Indonesia since Democratization (Cambridge University Press, 2018),  Piety and Public Opinion. Understanding Political Islam in Indonesia (Oxford University Press, 2018), Kuasa Rakyat: Analisis tentang Perilaku Memilih dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden Indonesia Pasca-Orde Baru, (Mizan, 2012), dan Muslim Demokrat: Islam, Budaya Demokrasi, dan Partisipasi Politik di Indonesia Pasca Orde Baru (Gramedia Pustaka Utama, 2007). Selain dalam bentuk buku, artikel-artikel Saiful tersebar di berbagai jurnal baik nasional maupun internasional, seperti American Journal of Political Science, Journal of Democracy, dan Comparative Political Studies.