Pada hari Senin, 8 Februari 2021, telah terlaksana Rapat Kerja DEMA FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode kepengurusan 2020-2021, yang dilaksanakan melalui Zoom Meetings. Rapat Kerja dipimpin oleh Muhammad Nur Hidayatullah selaku Ketua DEMA, serta Alifia Nurul Fajriyanti selaku Wakil Ketua DEMA. Sebanyak 83 anggota pengurus hadir untuk melaksanakan Rapat Kerja, adapun agenda yang dibahas pada rapat adalah visi serta misi kabinet, program unggulan, serta rencana program kerja 8 kementerian untuk 1 periode ke depan. Masih berkesinambungan dengan gagasan Ketua dan Wakil Ketua pada saat kampanye, periode kepengurusan kali ini jajaran Kabinet DEMA FISIP diberi nama “Kabinet Simpul Cita”, yang memiliki arti tali simpul tentang mimpi bersama yang tidak mudah lepas, saling keterkaitan dan erat. Rapat juga dihadiri oleh Komisi Pengawasan Senat Mahasiswa FISIP UIN Jakarta, Muhammad Arief Maulana. Beliau menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan relasi antara DEMA serta SEMA, serta harapan agar DEMA dapat menjadi organisasi intra FISIP yang menaati aturan administrasi serta ketetapan-ketetapan yang telah termaktub di dalam AD/ART.

Rapat Kerja berlangsung dari jam 10.00-17.00, banyak waktu dibutuhkan untuk Badan Pengurus Harian dan 8 Kementerian memaparkan rencana Program Kerja, serta mendiskusikannya dengan seluruh anggota pengurus. Terdapat banyak persilangan pendapat dan perbedaan cara pandang di antara peserta rapat, namun semuanya dapat tersampaikan serta dikomunikasikan dengan sangat baik, sehingga mencapai kesepakatan yang disetujui oleh semua pihak. Beragam rencana program kerja disampaikan oleh masing-masing Kementerian, yang memiliki fokus berbeda di antaranya. Namun, semua ragam rencana program kerja masih tetap memiliki satu tujuan yang sama, yaitu untuk memaksimalkan posisi DEMA FISIP UIN Jakarta sebagai organisasi intra kampus yang aktif dalam memberikan fasilitas-fasilitas baik akademis maupun non-akademis kepada mahasiswa/i FISIP.

Hal lainnya yang menjadi fokus bahasan utama adalah kondisi pandemi yang masih mengharuskan mahasiswa/i melakukan perkuliahan secara online, di satu sisi dapat dikatakan kondisi ini menjadi sebuah hambatan, karena terdapat banyak rencana program kerja yang hanya dapat dilaksanakan secara offline. Namun, hal ini justru mendorong anggota pengurus untuk berinovasi dalam merancang program kerja yang dapat dilakukan secara online, dengan tetap memaksimalkan manfaat yang dapat diperoleh oleh mahasiswa/i FISIP.

Selain menaruh fokus kepada mahasiswa/i FISIP, pada kepengurusan tahun ini, DEMA FISIP UIN Jakarta juga berupaya untuk membangun relasi serta komunikasi yang transparan antara mahasiswa dan dekanat. Ruang bagi aspirasi dan evaluasi dari mahasiswa/i FISIP akan selalu ditampung, dan disalurkan kepada jajaran Dekanat FISIP UIN Jakarta melalui Forum Komunikasi Mahasiswa dan Dekanat (FKMD) untuk menemukan titik temu serta solusi yang sama-sama membawa kebaikan bagi kedua belah pihak.

Sampai kepada penutup, pimpinan rapat serta seluruh anggota pengurus DEMA FISIP UIN Jakarta periode 2020-2021 sama-sama sepakat untuk menjalankan rencana program kerja secara maksimal dan tepat. Dengan diadakannya Rapat Kerja ini, diharapkan dapat menjadi awalan baik untuk mempererat tali silaturahim serta rasa kekeluargaan antar anggota pengurus DEMA FISIP UIN Jakarta periode 2020-2021.