FISIP Daring, pada hari kamis, 08 April 2021 FISIP mengadakan acara motivasi untuk dosen dan pegawai. Acara bertempat di Auditorium Prof. Bahtiar Effendy dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Acara ini mengundang narasumber H. Aris Ahmad Jaya, DVM., MM.seorang motivator nasional, alumni Pondok Pesantren Assalam Surakarta dan IPB. Aris, demikian ia biasa disapa, menyampaikan trategi sinergi dan kolaborasi yang disebut dengan “BEST CONCEPT” yang merupakan sinonim dari Benefit, Energizer, Service Excellence, dan Team Work.

Arti sinergi dan kolaborasi

Menurut Aris sinergi dan kolaborasi memiliki beberapa makna. Sinergi itu artinya bekerja dengan frekwensi yang sama. Menyamakan frekwensi ini sangat penting. Meskipun ada berada di satu kantor, bahkan di dalam satu ruang kerja, jika tidak memiliki frekwensi yang sama, sulit bahkan mustahil rasanya akan terjadi sinergi dan kolaborasi.  Oleh karena itu,  samakan frekwensi Anda terlebih dahulu dengan teman kerja sebelum melakukan pekerjaan.

Sinergi bukan berarti menyetujui yang salah, tetapi kadang-kadang, untuk bisa bersinergi, kita harus berani  mengingatkan karyawan dan teman kerja, meskipun pahit rasanya. Kolaborasi terjadi karena ada perbedaan. Perbedaan kapasitas, perbedaan peran, dan perbedaan posisi. Itulah yang disebut dengan  “united efford”.

Lebih lanjut  Aris memberikan simulasi sinergi dan kolaborasi dengan menggunakan dua botol air mineral. Dua botol air mineral ditumpuk dengan menemukan kedua tutupnya pada posisi berbalik. Kemudian, diantara dua botol tersebut diselipkan uang kertas senilai lima puluh ribu rupiah.

BEST Concept  

Menurut Aris faktor utama yang dapat membuat sinergi dan kolaborasi adalah sistem. Dalam hal ini, pria kelahiran Pati tersebut menawarkan sebuah strategi yang disebut dengan BEST Concept of Synergy and Collaboration. Filosofi BEST Concept ini adalah: Lakukan yang terbaik. Berikan yang terbaik. Maka Allah akan memberi imbalan  yang terbaik.

Adapun maksud dari BEST Concept secara operasionalnya adalah  Benefit, Energizer, Service Excellence, dan Team Work.

  1. Benefit: Tanyakan pada diri anda, seberapa besar yang anda lakukan itu menguntungkan pihak lain? Seberapa besar memberi manfaat? Seberapa anda besar berkontribusi? Seberapa besar anda membantu? Seberapa besar anda berbagi?
  2. Energizer: Energi yang bagus akan menghasilkan energi berikutnya. Semakin tinggi posisi seseorang, semakin tinggi pengaruhnya.  Dengan kekuatan yang Anda miliki maka “Istilah Tidak mungkin itu tidak ada”. Impossible in nothing. Everything is possible. You are your energy. So energize yourself.
  3. Service Excellence (Pelayanan Prima). Ada empat unsur (4K) untuk memberikan pelayanan prima: Keramahan, Kenyamanan, Kecepatan, dan Ketepatan. Meskipun terdapat pelayanan  ramah dan suasana nyaman, tapi jika pemberian layanan tidak cepat dan tepat, bisa membuat konsumen (penerima layanan)  tidak puas.
  4. Team Work: Team work terbentuk setelah B-E-S terpenuhi.  Ciri-ciri tim yang bagus adalah tidak ada yang nganggur atau santai-santai, sementara lainnya kerja keras. Artinya, masing-masing anggota tim bekerja sesuai dengan peran dan fungsinya. Ada distribusi pekerjaan dengan nada keseimbangan antar tim.

Akhir acara ada penyerahan hadiah kepada dosen dan pegawai terbaik semester ganjil 2020/2021. Berikut ini daftar nama-nama dosen dan pegawai terbaik.

Prodi Hubungan Internasional

No Nama Perolehan Presentase Mata Kuliah
1. Khoirun Nisa, MA.Pol 97.57% Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2. Dr. Adian Firnas, M.Si 94.84% Pemikiran Politik Barat
3. Prof. Dr. M. Din Syamsuddin 94.84% Politik Islam Global

Prodi Ilmu Politik

No Nama Perolehan Presentase Mata Kuliah
1. Suryani, M.Si 100% Filsafat Politik 1
2. Dr. Burhanuddin Muhtadi, MA 96.39% Pengantar Ilmu Politik
3. Dr. A. Bakir Ihsan, M.Si 94.58% Pemikiran Politik Indonesia

Prodi Sosiologi

No Nama Perolehan Presentase Mata Kuliah
1. Dr. Hasan Ansori 95.73% Seminar Proposal Skripsi
2. Bambang Ruswandi, M.Stat 95.25% Statistik Sosial 1
3. Dr. Hendro Prasetyo, MA 95.15% Sosiologi Politik

Pegawai Terbaik

No Nama Jabatan
1. Alphy Audzan Rusdyn Yuha, S.Kom Analis Sistem Informasi
2. Aprilliyani, S.Pd Analis Pengelola Surat
3. Yenny Arini Amalia, MM. Analis Keuangan

Pramu Bakti Terbaik

No Nama Jabatan
1. Syahrudin Pramubakti
2. Patoni Supir
3. Syarifuddin Pramubakti