FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik megadakan kuliah umum yang diselenggarakan pada hari Selasa, 20 Oktober 2020 pukul 13.00 – 15.00 WIB. Acara ini menggunakan aplikasi Zoom untuk bertatap muka secara daring. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tema dari acara ini yaitu “Peran Indonesia dan Turki dalam Memajukan Demokrasi di Dunia Islam”. 

Kuliah umum kali ini mengundang pembicara yakni, H.E. Dr. Lalu Muhamad Iqbal (Dubes RI untuk Turki), selain itu sambutan dan pengantar kuliah umum dari Dekan FISIP UIN Jakarta yakni Prof. Dr. Ali Munhanif, MA. Acara dimoderatori oleh M. Adian Firnas, M.Si (Kaprodi Hubungan Internasional).

Dekan FISIP memberi sambutan pada acara kuliah umum ini dengan memberi harapan agar acara ini dapat membuka wawasan mahasiswa dalam hubungan internasional dan menjadi lebih produktif dalam menggali informasi yang positif. Ia juga menceritakan sistem demokrasi pada Turki dan Indonesia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh pembicara yakni H.E. Dr. Lalu Muhamad Iqbal dengan menceritakan sedikit awal pengakuan Turki kepada Indonesia pada tahun 1949. “Ikatan kuat hubungan Turki dengan Indonesia karena kemiripan sejarah masa lalu bukan hanya dari agama” ujar Iqbal. Ia juga menjelaskan sejarah pada zaman Mustafa Kemal Attaturk yang mengubah Turki menjadi negara sekuler serta yang baru ini pengembalian Hagia Sophia menjadi masjid pada masa presiden Erdogan merupakan kekuatan baru dalam kedaulatan Turki.

acara kuliah umum ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan Rektor dan Pembicara.