Musyawarah Nasional (Munas) III Asosiasi Program Studi Apsipol (Apsipol) Indonesia berlangsung dengan cukup serius meski tetap dalam suasana santai. Laporan pertanggungjawaban Pengurus masa bhakti 2019-2020 diterima dengan catatan oleh forum. Kemudian acara berlanjut kepada pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) yang cukup memakan waktu karena hampir setiap delegasi dari Prodi-Prodi Ilmu Politik se-Indonesia mengajukan usulan perbaikan. Banyak perubahan yang dihasilkan dari pembahasan tersebut antara perpanjangan masa bhakti kepengurusan dari dua tahun menjadi tiga tahun. Artinya, periode kepengurusan Apsipol baru adalah 2022-2025.

Pada saat acara puncak Munas III, yakni pemilihan ketua umum baru dan tim formatur, suasananya lebih berjalan santai. Meski di awal terjadi pembahasan yang cukup lama terkait dengan tata tertib (tatib) pemilihan, dari mulai pencalonan oleh setiap delegasi, pernyataan kesediaan para calon, dan lain-laian, tetapi pada akhirnya tatib tersebut tidak digunakan. Hal ini karena di persidangan, ada usulan agar diadakan pemilihan secara musyawarah mufakat. Dan ketika satu nama diusulkan sebagai ketua umum baru, dalam hal ini Iding Rosyidin, yang sebelumnya adalah Sekretaris Umum Apsipol, forum menyepakatinya. Dengan demikian, pemilihan tersebut berlangsung secara aklamasi, dan Iding Rosyidin dari Prodi Ilmu Politik FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ditetapakan sebagai Ketua Umum Apsipol yang baru menggantikan Luthfi Makhasin dari Prodi Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Suasana Munas III Apsipol di FISIP Untan Pontianak

Munas III tersebut diselenggarakan di Pontianak pada Rabu-Kamis 21-22 September. Yang bertindak sebagai tuan rumah adalah FISIP Universitas Tanjungpura (Untan). Ini sekaligus merupakan bentuk kolaborasi antara Apsipol dengan Untan di mana yang terakhir ini memiliki hajatan besar antara lain konferensi internasional, yakni International Conference on Applied Science, Social Innovation and Technology (ICONAST). Beberapa orang dari Apsipol turut berpartisipasi dengan menjadi presenter dan moderator dalam diskusi parallel di konferensi tersebut.

Di Munas III ini telah disepakati pula tentang tempat penyelenggaraan konferensi atau pertemuan ilmiah tahunan. Untuk tahun 2023 akan diadakan di Universitas Bangka Belitung dan tahun 2024 di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Sementara penyelenggaraan Munas IV disepakati akan diadakan di UIN Ar Raniry Aceh. Munas III sendiri dihadiri oleh 42 orang anggota yang berasal dari 21 Program Studi Ilmu Politik.