FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan seminar internasional yang diselenggarakan pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 pukul 09.45 – 12.00 WIB. Acara ini menggunakan aplikasi Zoom dan Youtube untuk bertatap muka secara daring. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tema dari acara ini yaitu “Embracing a Post Pandemic World: Reflection on Shifting Trends and Challenges in Global Health Politics”.

Acara ini mengundang narasumber yakni Dr. Jessica Kirk (Griffith University), Dicky Budiman, MD., M.Sc.PH (Griffith University), Irfan R. Hutagalung, SH, LLM (FISIP UIN Jakarta) dan dimoderatori oleh Mutiara Pertiwi, MA (FISIP UIN Jakarta). Acara seminar ini dibuka oleh sambutan dari Dekan FISIP Prof. Dr. Ali Munhanif, MA. dengan menyapa para narasumber dan peserta seminar serta memberikan gambaran tentang tema dari seminar internasional ini.

Dr. Jessica Kirk menjadi pembicara pertama yang memaparkan materi dengan menjelaskan bahwa covid-19 tidak memiliki batasan-batasan wilayah sehingga tidak dapat diselesaikan sendirian melainkan membutuhkan kolaborasi dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menghadapinya. “suplai produk-produk medis yang diperlukan selama pandemi ternyata belum mampu dan siap memenuhi kebutuhan situasi krisis saat ini” ujar Jessica.

Kemudian acara dilanjutkan pemaparan oleh narasumber kedua yakni Dicky Budiman, MD., M.Sc.PH yang menjelaskan bahwa perlu memperkenalkan dan mengaktifkan badan koordinasi multi-level yang ada (klaster krisis kesehatan) yang menyatukan pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan pandemi COVID-19.

Narasumber terakhir yang berbicara yakni Irfan R. Hutagalung, SH, LLM yang menjelaskan tentang gugatan terhadap negara China oleh Amerika Serikat di pengadilan internasional karena upaya menutupi kasus covid-19 pertama kali di wuhan, china.

Sebelum penghujung acara dilakukan sesi tanya jawab antara peserta terhadap narasumber. Terlihat peserta dari seminar internasional ini sangat antusias dengan acara ini dengan aktif memberikan pertanyaan untuk narasumber.