Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dibuka pada 14-28 Februari 2022. Pada jalur seleksi ini UIN Jakarta menawarkan sebanyak 26 program studi umum di bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS).

Demikian siaran pers Humas UIN Jakarta yang diterima BERITA UIN Online, Rabu (12/1/2022). SNMPTN diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Proses pendaftarannya dilakukan dengan menggunakan prestasi akademik siswa di sekolah atau perankingan nilai rapor semester 1-5.

Di jalur ini peserta dapat memilih dua program studi di satu PTN atau dua PTN. Ketentuannya, jika memilih dua program studi, salah satu PTN harus berada di provinsi domisili siswa. Jika memilih satu program studi, siswa dapat bebas memilih PTN di mana pun.

Pendaftaran jalur SNMPTN dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, sekolah harus terlebih dahulu membuat akun LTMPT mulai 4 Januari-8 Februari 2022 di laman LTPMT. Sedangkan registrasi akun untuk siswa dimulai pada 10 Januari-15 Februari 2022.

Kedua, sekolah melakukan pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) yang dimulai pada 8 Januari-8 Februari 2022. Setelah itu dilanjutkan dengan pendaftaran siswa pada 14-28 Februari 2022. Sementara pengumuman kelulusan akan dilakukan pada 29 Maret 2022.

Jalur UTBK-SBMPTN

Selain jalur prestasi akademik SNMPTN, LTPMT juga membuka seleksi masuk PTN melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pendaftaran seleksi jalur UTBK-SBMTN dibuka mulai 23 Maret hingga 15 April 2022. Sedangkan ujian dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama pada 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022. Sementara pengumuman kelulusan akan dilakukan pada 23 Juni 2022.

Berbeda dengan SNMPTN, pilihan program studi di jalur UTBK-SBMPTN siswa dapat memilih sebanyak dua program studi di satu PTN atau masing-masing satu program studi di dua PTN. Artinya, bagi siswa yang memilih program studi di dua PTN, diberikan kebebasan untuk memilih PTN di mana pun.

Materi ujian UTBK meliputi Tes Potensi Sekolastik (TPS), meliputi kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan, pemahanan umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Materi lainnya yang akan diuji adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris.

Kelompok ujiannya dibagi ke dalam tiga kelompok, yakni Kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi). Adapun untuk Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum), materi ujiannya meliputi TPS, Bahasa Inggris, TKA Sainteks, dan TKA Soshum.

UIN Jakarta di kedua jalur tersebut menawarkan sebanyak 26 program studi umum yang tersebar di tujuh fakultas. Siswa yang diterima adalah lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun lulus 2020, 2021, dan 2022. (ns)