FISIP Daring.  Pada hari selasa 10 Desember 2019, FISIP UIN Jakarta mengadakan In Memoriam Prof. Bahtiar Effendy dan Peresmian Auditorium Prof. Bahtiar Effendy yang diselenggarakan pada pukul 10.00 WIB -13.00 WIB di Auditorium Prof. Bahtiar Effendy. Acara ini diselenggarakan untuk mengenang sosok Prof. Bahtiar Effendy.

Acara tersebut mengundang keluarga, sahabat, serta teman-teman dekat beliau seperti Fachry Ali, Prof. Dr. Azyumardi Azra, Chusnul Mar’iyah, Ph.D., Prof. Dr. Jamhari, M.A., Dr. Saiful Mujani, Dr. Burhanuddin Muhtadi, M.A dll. Turut hadir pula mantan menteri agama Lukman Hakim Saifuddin dalam acara ini.

Dekan FISIP Prof. Dr. Ali Munhanif, M.A memberikan sambutan yang pertama dalam acara ini. Ia mengatakan sosok Alm. Prof. Bahtiar Effendy banyak meninggalkan kebaikan untuk FISIP UIN Jakarta dimana diantaranya pembangunan megah gedung FISIP ini dan karakter kurikulum yang ada di FISIP ini adalah buah tangan beliau.

Para tamu undangan yang datang diminta satu persatu menceritakan kenangannya bersama Alm. Prof. Bahtiar Effendy dan dari pihak keluarga yang diminta pertama melakukannya. Dari pihak keluarga yang menceritakan kenangannya adalah dr. Siti Nurul Hapsari selaku anak pertama. Ia menceritakan bahwa ayah (sapaan kepada Prof. Bahtiar Effendy) seseorang yang mengayomi semua anak-anaknya dan ingin anaknya memperoleh pendidikan tinggi pada masing-masing minatnya.

Kemudian dilanjutkan tamu undangan yang berikutnya menceritakan kenangan bersama Alm. Prof. Bahtiar Effendy adalah Fachry Ali. Beliau menceritakan bagaimana pertama kalinya bertemu dan mengajak Prof. Bahtiar Effendy untuk menulis di Kompas dan menulis buku bersamanya yang berjudul Merambah Jalan Baru Islam yang booming pada waktu itu. Kemudian dilanjutkan tamu undangan lain memberikan kenangannya satu persatu.

Lalu di penghujung acara Dekan FISIP UIN Jakarta Prof. Dr. Ali Munhanif, M.A meresmikan Auditorium Prof. Dr. Bahtiar Effendy dengan menampilkan gambar desain auditorium terbaru sebagai bentuk penghargaan kepada Alm. Prof. Bahtiar Effendy dan mendapat tepuk tangan meriah dari para tamu undangan yang datang.