FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan studium general yang diselenggarakan pada hari Senin, 27 September 2021 pukul 08.00 – 10.00 WIB. Acara ini menggunakan aplikasi Zoom untuk bertatap muka secara daring. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tema dari acara ini yaitu “Sosiologi Arsip dan Kekuasaan”.

Studium general kali ini mengundang pembicara yakni, Harry Bawono, M.Si (Arsip Nasional Republik Indonesia), dimoderatori oleh Fathun Karib, M.Si. (Dosen Sosiologi FISIP UIN Jakarta ). Sekilas profil Harry yakni lulusan S2 Sosiologi Universitas Indonesia pada tahun 2015. Ia bekerja di instansi Arsip Nasional Republik Indonesia pada unit kerja Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan.

Acara dilanjutkan pemaparan oleh Harry yang mengatakan bahwa archieval science merupakan ilmu yang mempelajari mekanisme informasi yang disimpan, diolah dan dimusnahkan oleh konteks masyarakat/kelompok tertentu. “mengutip dari pernyataan Cunningham (2016) arsip merupakan akumulasi dan distribusi pengetahuan komunitas dan sebuah disiplin ilmu” ujar Harry.

Selesai narasumber memberikan pemaparan, dibuka sesi tanya jawab kepada narasumber oleh mahasiswa. Mahasiswa sangat aktif bertanya kepada narasumber dan antusias dari awal mengikuti guest lecture ini.