FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan guest lecture (dosen tamu) yang diselenggarakan pada hari Rabu, 22 September 2021 pukul 10.30 – 12.30 WIB. Acara ini menggunakan aplikasi Zoom untuk bertatap muka secara daring. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tema dari acara ini yaitu “Memahami Gagasan Sosial Politik Soekarno dan Soeharto: Arti Pentingnya Bagi Indonesia Masa Kini”.

Studium general kali ini mengundang pembicara yakni, Prof. Dr. Salim H. Said (Dosen Ilmu Politik Universitas Pertahanan). Sekilas tentang  Prof. Dr. Salim H. Said lahir di sebuah desa bernama Amparita, sebuah wilayah yang pada saat masa Hindia Belanda merupakan bagian dari Afdeling Parepare (saat ini menjadi bagian dari Kabupaten Sidenreng Rappang). Salim mengikuti pendidikan di Akademi Teater Nasional Indonesia (1964-1965), dan meraih Ph.D. dari Ohio State University, Columbus, Amerika Serikat (1985).  Ia sering berpartisipasi dalam diskusi tentang film, sejarah, sosial dan politik Indonesia dalam tingkat nasional maupun internasional. Acara ini dimoderatori oleh Zaki Mubarak, M.Si. (Dosen Ilmu Politik FISIP UIN Jakarta )

Acara dilanjutkan pemaparan oleh  Salim yang menjelaskan tentang sejarah era rezim soekarno dan soeharto. “hubungan antara Soekarno dan Soeharto menjadi tidak baik setelah kejadian Gerakan 30 September” ujar Salim. Masih dalam lanjutannya ketika terjadi ketegangan situasi sosial politik ini suasana menjadi saling menuduh dan mencurigai.

Selesai narasumber memberikan pemaparan, dibuka sesi tanya jawab kepada narasumber oleh mahasiswa. Mahasiswa sangat aktif bertanya kepada narasumber dan antusias dari awal mengikuti studium general ini.