FISIP Daring. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada hari Senin, 30 April 2018 mengadakan Seminar Nasional yang bertajuk “Peran Lobbies Sebagai Bentuk Partisipasi Dalam Perubahan UU Tentang MPR RI, DPR RI Dan DPD RI”

Acara ini berlangsung di Auditorium FISIP UIN yang dimulai pukul 09.00 – 12.30  WIB. Pada kesempatan ini, panitia mengundang beberapa narasumber yakni K. Johnson Rajagukguk, M.Hum., Dr. Indra Pahlevi, M.Si., Dr. Dzuriyatun Toyibah, M.Si, MA., Dr. Ahmad Bakir Ihsan, M.Si., Dr. Agus Nugroho, MA. Seminar ini dimoderatori oleh Ahmad Alfajri, MA.

Seminar ini dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Zulkifli, MA. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Didalam sambutannya beliau mengatakan dengan adanya magang atau internship merupakan salah satu tujuan  penandatanganan MoU yang dilaksanakan dengan badan keahlian DPR, MPR, dan DPD agar mahasiswa FISIP dapat berkontribusi dan berpastisipasi secara aktif.

Setelah itu, dilaksanakanlah penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) kerjasama antara FISIP UIN Syarif Hidyatullah Jakarta dengan Badan Keahlian DPR RI. Pihak FISIP diwakili oleh Prof. Dr. Zulkifli, MA. selaku Dekan FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan pihak Badan Keahlian DPR RI diwakili oleh K. Johnson Rajagukguk, M.Hum.

Didalam seminar Dr. Indra Pahlevi, M.Si selaku dari Badan Keahlian DPR RI mengatakan bahwa keterampilan lobby adalah kemampuan dalam mengolah dua hal yaitu, kontak dan pengaruh jangka panjang serta seluruh aktivitas lobby diawali dan dakhiri dengan adanya kontak baik informal maupun formal untuk menciptakan pengaruh positif.

Seminar ini juga diharapkan dapat memberikan informasi kepada mahasiswa bagaimana peran lobbies sebagai bentuk sebagai partisipasi dalam perubahan UU tentang MPR RI, DPR RI, dan DPD RI.

(Alphy)