FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama AICHR (ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights) dengan menyelenggarakan dialog tentang “Dialog publik Perayaan Hari HAM Sedunia: Prospek Pemajuan & Perlindungan HAM di ASEAN 2019. Acara ini berlangsung pada tanggal 13 Desember 2018 pukul 09.00 – 12.00 WIB bertempat di Aula Madya FISIP UIN Jakarta.

Seminar ini mengundang narasumber yakni Badrus Sholeh, Ph.D (Dosen FISIP UIN Jakarta), Dinna Wisnu, Ph.D (AICHR), Wahyu Suaedy (Wahid Institute), Tolhas Damanik (AGENDA), Wahyu Susilo (Migrant Care) dan dimoderatori oleh Andina Dwifatma (UNIKA Atma Jaya).

Acara dibuka oleh sambutan dari Dinna Wisnu, Ph.D selaku wakil Indonesia untuk AICHR. Selanjutnya sambutan dari Dr. Dzuriyatun Toyibah, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik. Dalam sambutannya ia mengatakan berterima kasih karena FISIP UIN Jakarta sudah diajak kerjasama dengan AICHR ASEAN dan semoga mahasiswa yang mengikuti acara ini mendapatkan wawasan pengetahuan lebih tentang HAM di ASEAN.

Tujuan dari acara ini adalah Mengkomunikasikan kepada publik perkembangan penangangan pemajuan dan perlindungan HAM di ASEAN, khususnya yang dilakukan oleh AICHR dan Memberi wadah bagi para pemangku kepentingan bidang HAM untuk menyuarakan hal-hal yang patut diantisipasi oleh negara pada tahun yang akan datang di ASEAN sehingga AICHR sebagai mekanisme regional pun dapat menangkap aspirasi yang berkembang, serta merencanakan dengan lebih baik format dan bentuk kegiatan pemajuan dan perlindungan HAM yang lebih efektif.