FISIP Daring. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan diskusi dosen yang berjudul “Explaining Gender Gaps in Indonesian Legislative Committees” . Acara ini berlangsung pada hari jumat, 21 Februari 2020. Dalam acara ini mengundang beberapa narasumber yakni Ella S. Prihatini, Ph.D (Universitas Bina Nusantara) dan dimoderatori oleh Dr. Iim Halimatusa’diyah, M.Si (FISIP UIN Jakarta).

Adapun rangkaian acara ini dibuka dengan sambutan dari Dekan FISIP UIN Syarif Hidayatullah yakni Prof. Dr. Ali Munhanif, M.A. Dalam sambutannya ia mengatakan diskusi ini diadakan untuk membahas kesenjangan gender yang terjadi di komisi legislatif di Indonesia. Diskusi dosen ini juga dihadiri para peserta dari akademisi dan peneliti diluar UIN.

Tujuan dari acara ini untuk membahas kesenjangan gender di komisi legislative Indonesia dan membahas paper dari narasumber tentang judul tema diskusi tersebut. “Dalam dua dekade terakhir, mengikuti tren umum di banyak negara dan ketentuan kuota gender yang disahkan, kursi perempuan di DPR telah meningkat” ujar Ella.

Setelah narasumber menjelaskan materi, maka dibuka sesi tanya jawab kepada para peserta yang mendapat antusias dari setiap pertanyaan yang dikemukakan.