FISIP Daring. Pada Rabu, 3 Oktober 2018, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tanggerang Selatan mengadakan kegiatan Donor Darah yang bertempat di Aula Madya, FISIP UIN Jakarta.

Kegiatan tersebut dimulai dengan registrasi pendonor pada pukul 09.00 WIB. Selain diminta mengisi daftar kehadiran, para calon pendonor juga diminta untuk mengisi sebuah formulir kesediaan donor darah yang diberikan oleh petugas PMI. Formulir tersebut digunakan sebagai kelengkapan identitas pendonor serta catatan kesehatan yang akan membantu petugas PMI dalam melakukan tugasnya. Setelah para calon pendonor menyelesaikan proses registrasi, mereka diharuskan untuk melakukan pengecekan tensi darah serta haemoglobin untuk memastikan para calon pendonor siap untuk melakukan donor darah. Pengecekan tersebut juga berfungsi untuk mencegah kemungkinan buruk setelah donor darah seperti pusing, mual, bahkan pingsan. Setelah lolos dari pengecekan tersebut, para calon pendonor diminta untuk duduk mengantri menunggu giliran pengambilan darah. Satu orang pendonor dapat menghabiskan waktu selama 10-15 menit pengambilan darah.

Registrasi calon pendonor ditutup pada pukul 12.15 WIB. Secara keseluruhan, terdapat 97 calon pendonor yang hadir untuk mendonorkan darahnya. Para calon pendonor hadir dari berbagai fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dari total 97 calon pendonor tersebut, ada beberapa calon pendonor yang tidak dapat mendonorkan darahnya karena tidak lolos dalam pengecekan tensi darah dan haemoglobin sebelumnya. Walaupun demikian, panitia yakin bahwa kegiatan tersebut berjalan dengan sukses dengan melihat calon pendonor yang begitu antusias hadir, bahkan setelah registrasi ditutup, panitia terpaksa harus menolak kehadiran pendonor karena keterbatasan waktu yang ada.

Dengan diadakannya  kegiatan tersebut, HIMAHI berharap dapat membantu siapapun yang membutuhkan bantuan berupa donor darah. Setiap manusia tentunya harus berusaha menjadi manusia yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Oleh karenanya, HIMAHI berusaha untuk menjadi fasilitator bagi seluruh mahasiswa untuk berusaha menjadi manusia yang bermanfaat. Diadakannya donor darah tersebut adalah salah satu bentuk kepedulian HIMAHI untuk turut membentuk  pribadi mahasiswa yang bermanfaat bagi sesamanya.