FISIP Daring. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada hari Senin, 3 September 2018 mengadakan Workshop yang bertajuk “Penguatan Etika Akademik”. Acara ini berlangsung pukul 08.00 – 12.00 WIB  ditempat Auditorium FISIP. Workshop ini diadakan untuk pembekalan  mahasiswa baru dalam menghadapi perkuliahan.

Pada kesempatan ini panitia mengundang narasumber yakni Dani Setiawan, M.Si (Dosen FISIP UIN Jakarta). Acara ini dimoderatori oleh Khoirun Nisa, MA.Pol (Dosen FISIP UIN Jakarta) dengan penuh semangat. Ini merupakan workshop pertama yang diikuti oleh mahasiswa baru FISIP tahun angkatan 2018.

“Mahasiswa perlu mengetahui bagaimana harus membawakan dirinya serta bersikap agar mereka menjadi bagian dari sistem perguruan tinggi”, Ujar Dani. Masih dalam lanjutannya ia mengatakan  Etika akademik bersifat universal karena berdasarkan ilmu dan kearifan serta tatanan pergaulan yang harus dijalankan dan merupakan ciri dalam masyarakat kampus.

Dalam pemaparannya Dani menjelaskan Hakikat etika akademik adalah kejujuran dalam mencari kebenaran mengungkapkannya dengan kritis dan kearifan serta bahaya akademisi berbohong bila hasil penelitian dipakai oleh politisi untuk membuat undang-undang dan hasilnya merugikan rakyat itu tidak diperbolehkan.

 

Para peserta seminar tampaknya sangat antusias saat narasumber memaparkan pemikiran. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan komentar atau pertanyaan kepada narasumber. Narasumber memberi apresiasi kepada mahasiswa baru FISIP karena banyak memberikan pertanyaan-pertanyaan yang kritis. Sesi tanya jawab menjadi penutup dari rangkaian acara workshop ini.