FISIP Daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan studium general membahas tentang Struktur Membangun Kultur Pembangunan Infrastruktur Dalam Membangun Budaya Perkotaan. Acara ini berlangsung pada tanggal 18 Oktober 2018 pukul 09.00 – 12.00 WIB bertempat di Aula Madya FISIP UIN Jakarta.

Dalam acara ini mengundang narasumber yakni Dr. Yayat Supriatna, MSP. dan dimoderatori oleh Saifudin Asrori, M.Si dari Dosen FISIP UIN Jakarta. Rangkaian acara dibuka oleh Kaprodi Sosiologi yakni Dr. Cucu Nurhayati, M.Si. acara studium general merupakan agenda rencana tiap tahun FISIP dan berbentuk diskusi panel.

Dalam pemaparannya Dr. Yayat Supriatna, MSP menegaskan bahwa suatu kota dapat dikatakan maju apabila masyarakatnya dilayani dengan baik oleh pemerintah. Ia juga menyinggung komponen yang mempengaruhi perilaku masyarakat yakni struktur, kultur, dan proses sosial. Dalam aspek sosial Masyarakat makin familiar dengan teknologi informasi & lebih berorientasi pada konsumsi dari pada produksi.

“Dalam aspek politik ekonomi transaksi & pertukaran ekonomi yg dikuasai hasrat & keinginan bukan kebutuhan”, ujar Yayat. Kekuatan industri menciptakan keinginan konsumen yang tidak pernah puas. Pasar memiliki peran besar, menciptakan pasar yang baru (trend)  atau mengikuti yg sudah ada. Apapun diperdagangkan, termasuk orang.

Selesai narasumber memberikan pemaparan, dibuka sesi tanya jawab kepada narasumber oleh mahasiswa. Mahasiswa sangat aktif bertanya kepada narasumber dan antusias dari awal mengikuti studium general ini. Acara ditutup dengan pemberian cinderamata kepada narasumber dan foto bersama.