FISIP Daring. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Rapat Dalam Kantor dengan tema “Plagiarism Checker Turnitin”. Acara ini berlangsung hari Rabu tanggal 1 Agustus 2018 bertempat di Aulamadya lantai 1 gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Dalam acara rapat ini mengundang narasumber yakni Amrullah Hasbana, S.Ag, SS., MA (Kepala Perpustakaan Pusat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). acara ini dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Zulkifli, MA selaku Dekan FISIP dan Dr. A. Bakir Ihsan, M.Si selaku Wakil Dekan bidang Administrasi Umum FISIP. Peserta rapat ini dihadiri oleh para Wakil Dekan, Kaprodi, Sekretaris Prodi, dan dosen-dosen FISIP UIN Jakarta.

Rapat ini membahas tentang pencegahan plagiraisme penulisan skripsi pada mahasiswa dan penulisan jurnal pada dosen-dosen. “saya rasa perlu untuk mahasiswa melampirkan hasil pengecekan plagiarisme dari Turnitin supaya tidak ada plagiat dan dosen-dosen pun perlu mengupload jurnal-jurnalnya supaya tidak di cap sebagai plagiarism hasil karyanya,” ujar Prof. Dr. Zulkifli, MA.

Perlu untuk diketahui perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyediakan koleksi yang lengkap dalam bidang ke-islaman dan bidang umum sebagai pendukung kegiatan perkuliahan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan juga meningkatkan layanan yang cepat, akurat, dan tepat dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi bagi seluruh sivitas akademika UIN Jakarta

Dalam pemaparannya Amrullah mengatakan perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan beberapa database luar seperti E-Library American Corner serta membagikan informasi tentang bagaimana cara penulisan dosen ketika diupload untuk syarat kenaikan pangkat tidak terkena plagiarisme. Ini menjadi hal penting karena menghindari dosen hasil penulisannya terkena plagiarisme dari penulisan mahasiswa yang mengutip dari buku atau jurnal yang belum diupload oleh dosen tersebut.