FISIP Daring.  Pada hari kamis 8 November 2018, FISIP UIN Jakarta mengadakan kuliah umum yang diselenggarakan pada pukul 10.00 WIB -12.00 WIB di Aula Madya. Tema dari kuliah umum adalah Sustainable Development Goals in Southeast Asia. Kegiatan ini agenda rutin yang dilakukan fakultas mengadakan kuliah umum dengan mengundang pembicara dari luar. Acara ini mendapat antusias dari para mahasiswa yang datang mengikuti kegiatan acara kuliah umum ini.

Kuliah umum kali ini mengundang pembicara dari Universitas Groningen, Belanda yakni Prof. Dr. Ronald L. Holzhacker. Acara ini dibuka oleh sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Dzuriyatun Toyibah, M.Si sekaligus menjadi moderator dalam cara ini. Tidak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh Kaprodi Hubungan Internasional yakni Ahmad Alfajri, MA dan dari Gugus Jaminan Mutu yakni Ana Sabhana Azmy, M.IP.

“Acara semacam ini kami adakan untuk membuka wawasan dan informasi mahasiswa menjadi lebih luas dan lebih dalam mengenai prospek pembangunan di Asia Tenggara”, tutur Dzuriyatun Toyibah. Setelah memberi sambutan kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan yang dilakukan oleh narasumber yakni Prof. Dr. Ronald L. HolzHacker.

Dia mengatakan bahwa Indeks pembangunan manusia adalah indeks yang terdiri dari tiga pengembangan dimensi manusia yakni hidup yang panjang dan sehat, menjadi berpengetahuan luas dan memiliki standar hidup yang layak. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan terkait erat dengan Visi Komunitas ASEAN 2025 yakni dengan ekonomi terintegrasi, meningkatkan Konektivitas ASEAN serta upaya yang diperkuat dalam mempersempit celah pengembangan.

“ASEAN sebagai aktor regional mungkin terlibat dan mempromosikan pembelajaran tentang praktik terbaik di implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di seluruh Asia Tenggara” ujar Ronald. Selesai memberikan pemaparan dilanjutkan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap narasumber.