FISIP Daring. Selepas jam kuliah berlangsung, ada hal yang tak biasa terjadi di lantai 4 gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) pada hari Kamis (1/4). Kejanggalan terjadi terutama di dalam ruang Laboratorium Hubungan Internasional (HI) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Ketua Program Studi (Kaprodi) HI juga terlihat naik turun dari ruang prodi menuju lantai yang biasanya sepi dengan mahasiswa tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata pengurus Himpunan Mahasiswa HI (HIMAHI) periode 2017 mengadakan acara farewell HIMAHI atau perayaan perpisahan kepengurusan HIMAHI.

Tujuan diselenggarakannya perayaaan ini adalah sebagai tasyakuran bagi pengurus HIMAHI periode 2017. Ahmad Alfajri, MA yang kini menduduki posisi sebagai Kaprodi HI 2018 menyampaikan dalam sambutannya kepada segenap pengurus HIMAHI periode 2017 agar dapat memberi kontribusi dalam HIMAHI tahun 2018. Acara yang diselenggarakan secara formal namun tidak terkesan kaku ini turut mengundang M. Adian Firnas, M.Si. selaku Kaprodi HI tahun 2017 dan Eva Mushoffa, MA. yang menjabat sebagai Sekretaris Prodi HI.

Di FISIP UIN Jakarta, HIMAHI adalah salah satu lembaga eksekutif mahasiswa di tingkat prodi selain Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) dan Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS). Lembaga ini berfungsi sebagai pelaksana kegiatan di mahasiswa di tingkat prodi dan memiliki jalur koordinatif kegiatan dengan Dewan Mahasiswa tingkat Fakultas.

Menurut Zahra Yusuf, mahasiswi HI semester 8 dan sebagai Wakil Ketua HIMAHI periode 2017, organisasi intra kampus ini sebagai wadah bagi mahasiswa prodi HI untuk mengembangkan potensi dirinya. “HIMAHI merupakan wadah dalam mengoptimalkan setiap mahasiswa jurusan HI di UIN Jakarta dalam mengembangkan potensi dalam dirinya masing-masing. Mahasiswa yang senang dalam bidang minat dan bakat, juga diskusi, musik serta seminar terkait hubungan internasional. Karena Mahasiswa HI yang terkenal dengan banyak kegiatan skala nasional maupun internasional.” tutur Zahra ketika ditemui di akhir acara. “Diharapkan mahasiswa HI UIN Jakarta untuk terus mengembangkan potensi diri bukan hanya di dalam kampus tetapi di luar ke depannya.” tambahnya.

Lebih lanjut lagi, Ketua HIMAHI periode 2017, Mohammad Armansyah, bercerita soal program-program kegiatan yang telah berhasil dilaksanakan dan memiliki dampak baik bagi HIMAHI UIN Jakarta secara institusi maupun mahasiswa HI itu sendiri secara individu. “HIMAHI memberikan kontribusi bukan hanya sebagai alat maupun organisasi yang berfokus pada acara-acara di kampus. HIMAHI hadir memberikan informasi maupun edukasi kepada seluruh mahasiswa HI dalam bentuk kegiatan, acara yang positif dalam membentuk mahasiswa HI UIN Jakarta yang aktif dan kreatif. Beberapa kegiatan telah berhasil dilaksanakan seperti IR Focus, IRON Festival, serta melakukan kunjungan ke beberapa Kedutaan Besar dan lembaga internasional.” kata mahasiswa yang kerap disapa Arman ini.

Ini adalah acara farewell pertama sejak berdirinya HIMAHI angkatan pertama pada 2009. Sebelumnya, acara perpisahan seperti ini diselenggarakan secara informal. Di akhir rangkaian acara, perayaan perpisahan ini semakin menarik dengan adanya pembagian hadiah doorprize yaitu 2 tiket wahana ski es di mall BXC dan 3 tiket liburan pulang-pergi ke Yogyakarta. Semua yang hadir dalam farewell party ini sekalipun tak mendapatkan hadiah doorprize, tetap bersyukur dan bahagia karena telah menyelesaikan tanggung jawab sebagai pengurus HIMAHI tahun lalu.

(Dhito/Ynf)