• 2 Juni 2014
    Wacana tentang civil religion pernah mengguncang Amerika Serikat ketika Robert N. Bellah melontarkannya pada 1950-an. Bellah sendiri mengakui bahwa konsep civil religion sudah pernah diteoretisasi oleh Jean-Jacques Rousseau dalam master piece-nya On Social Contract. Rousseau membagi .... Selengkapnya
  • 2 Juni 2014
    In 1965–66 one of the worst human tragedies in modern history occurred in Indonesia. On suspicion of having supported a communist coup, approximately 500,000 to 1,000,000 people were killed. So far the international dimension of those .... Selengkapnya
  • 2 Juni 2014
    Menyerahnya Belanda kepada Jepang pada Maret 1942 telah dianggap sebagai titik terakhir dari kekuasaan kolonialnya di Indonesia yang telah berlangsung selama tiga abad. Namun, tanpa peristiwa itu pun, sesungguhnya awal dari proses runtuhnya kekuasaan kolonial Belanda .... Selengkapnya
25 Maret 2017
  • Sambutan Dekan FISIP
  • Sambutan Dekan FISIP

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) merupakan fakultas termuda di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Didirikan pada bulan Juli tahun 2009, fakultas ini langsung membuka tiga (3) program studi: ilmu politik, hubungan internasional dan sosiologi. Langkah cepat ini sebenarnya didukung oleh persiapan yang cukup panjang sejak tahun 2000. Semua program studi tersebut tidaklah baru sama sekali, tetapi merupakan kelanjutan dari program studi yang telah ada sebelumnya. Program studi Sosiologi merupakan perluasan dari program studi Sosiologi Agama (SA) dan program studi Ilmu Politik adalah pengembangan dari program studi Pemikiran Politik Islam (PPI). Baik SA maupun PPI telah dibangun oleh Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) sejak awal 2000. Sementara itu, program studi Hubungan Internasional (HI) juga sudah berkembang beberapa tahun sebelumnya di bawah naungan Fakultas Ekomoni dan Ilmu Sosial (FEIS). Oleh karena itu, berdirinya FISIP UIN Jakarta tahun 2009 lebih merupakan upaya pemantapan dan reorganisasi kajian-kajian ilmu sosial di lingkungan UIN Jakarta.

    Pesatnya kajian ilmu-ilmu sosial di lingkungan UIN Jakarta didorong oleh pertumbuhan minat keilmuan civitas academinya yang tidak lagi terbatas pada aspek normatif dan doktriner agama. Ketika UIN Jakarta masih berupa Institut Agama Islam Negeri (IAIN), hanya dua aspek inilah yang menjadi kajian utamanya. Pembatasan ini sudah lama dianggap tidak memadai, dan karenanya perlu memasukkan ilmu-ilmu yang bersifat empiris dan objektif. Wujud dari perubahan orientasi keilmuan ini adalah pembentukan serangkaian fakultas umum yang berlangsung sejak satu dasawarsa terakhir. Di antaranya adalah Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. FISIP merupakan bagian dari transformasi besar UIN Jakarta yang terus berkembang pesat hingga saat ini.

    Di samping alasan keilmuan, pembentukan FISIP juga untuk menjawab tuntutan dinamika masyarakat ke depan. Perubahan sosial yang berjalan cepat sangat memerlukan ilmuwan sosial yang mumpuni agar dapat menganalisis berbagai persoalan sosial-politik dengan baik. Untuk itu UIN Jakarta harus turut aktif mengidentifikasi persoalan-persoalan tersebut dan menyediakan jawaban yang dibutuhkan. Dengan bekal pengetahun peradaban Islam yang mendalam, FISIP UIN Jakarta akan memadukan warisan keilmuan Barat dan Islam dalam mengembangkan ilmu-ilmu sosial. Fakultas ini akan melibatkan ilmuwan dari fakultas agama untuk mengajarkan aspek normatif Islam, dan ilmuwan dari fakultas lain untuk memperkaya pengetahuan tentang peradaban Islam. Melalui pengayaan proses belajar-mengajar ini, FISIP UIN Jakarta bermaksud menjadikan lulusannya sarjana ilmu sosial yang memiliki horizon pengetahuan luas.

Struktur Organisasi FISIP

Mengapa FISIP UIN Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik(FISIP) merupakan fakultas termuda di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Didirikanpada bulan Julitahun 2009, fakultas ini langsung membuka tiga (3)program studi: ilmu politik, hubungan internasional dan sosiologi. Langkah cepat ini sebenarnya didukung oleh persiapan yang cukup panjang sejak tahun 2000. Semuaprogram studitersebut tidaklah baru sama sekali, tetapi merupakan kelanjutan dari program studi yang telah ada sebelumnya.Program studi Sosiologi merupakan perluasan dariprogramstudiSosiologiAgama (SA) danprogram studi IlmuPolitik adalah pengembangan dariprogramstudiPemikiranPolitik Islam (PPI). Baik SA maupun PPI telah dibangun oleh Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) sejak awal 2000. Sementara itu,program studi HubunganInternasional (HI) juga sudah berkembang beberapa tahun sebelumnya di bawah naungan Fakultas Ekomoni dan Ilmu Sosial (FEIS). Oleh karena itu, berdirinya FISIP UINJakartatahun 2009 lebih merupakan upaya pemantapan dan reorganisasi kajian-kajian ilmu sosial di lingkungan UIN Jakarta.

Pesatnya kajian ilmu-ilmu sosial di lingkungan UIN Jakarta didorong oleh pertumbuhan minat keilmuancivitas academinya yang tidak lagi terbatas pada aspek normatif dan doktriner agama. Ketika UIN Jakarta masih berupaInstitutAgama Islam Negeri (IAIN), hanya dua aspek inilah yang menjadi kajian utamanya. Pembatasan ini sudahlamadianggap tidak memadai, dan karenanya perlu memasukkan ilmu-ilmu yang bersifat empiris dan objektif. Wujud dari perubahan orientasi keilmuan ini adalah pembentukan serangkaian fakultas umum yang berlangsung sejak satu dasawarsa terakhir. Di antaranya adalahFakultasPsikologi, Fakultas Sains danTeknologi,Fakultas Ekonomidan Ilmu Sosial,dan Fakultas Kedokterandan Ilmu Kesehatan. FISIP merupakan bagian dari transformasi besar UIN Jakarta yang terus berkembang pesat hingga saat ini.

Di samping alasan keilmuan, pembentukan FISIP juga untuk menjawab tuntutan dinamika masyarakat ke depan. Perubahan sosial yang berjalan cepat sangatmemerlukanilmuwan sosial yang mumpuniagardapat menganalisis berbagai persoalan sosial-politikdengan baik. Untuk itu UIN Jakarta harus turut aktif mengidentifikasi persoalan-persoalan tersebut dan menyediakan jawaban yang dibutuhkan.Dengan bekal pengetahun peradaban Islam yang mendalam, FISIP UINJakartaakan memadukan warisan keilmuan Barat dan Islam dalam mengembangkan ilmu-ilmu sosial. Fakultas ini akan melibatkan ilmuwan dari fakultas agama untuk mengajarkan aspek normatif Islam, dan ilmuwan dari fakultas lain untuk memperkaya pengetahuan tentang peradaban Islam. Melalui pengayaan proses belajar-mengajar ini, FISIP UIN Jakarta bermaksud menjadikan lulusannya sarjana ilmu sosial yang memilikihorizonpengetahuan luas.

Aktifitas Mahasiswa

Mahasiswa FISIP UIN Jakarta mempunyai beragam aktifitas di intra maupun ekstra kampus. Intra Kampus,FISIP UIN Jakarta memfasilitasi Mahasiswa dengan adanya BEMF (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas), BEMJ (Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan) Sosiologi, Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, lembaga-lemabaga semi otonom, kelompok-kelompok diskusi tematik, kelompok minat dan bakat dll.

Sedangkan di ekstra kampus,Mahasiswa FISIP UIN Jakarta dapat memilih beragam pilihan kegiatan kemahasiswaan yang berada di lingkungan UIN Jakarta.

Hal tersebut diharapkan dapat mendukung proses belajar dan memberikan tambahan pengalaman yang bermanfaat bagiMahasiswa FISIP UIN Jakarta.

Peluang Karir

BEBERAPA PELUANG KARIR MAHASISWA

FAKULTAS ILMUSOSIALDAN ILMU POLITIK (FISIP) UIN JAKARTA

1.

KEMENHAN

2.

KEMENDAGRI

3.

LIPI

4.

KEMENPP

5.

KEMHUT

6.

KOMNAS HAM

7.

KOMPAS

8.

BankIndonesia

9.

DPR

10.

MPR

11.

SETNEG RI

12.

KEMLU

13.

KEMNAKER

14.

WALHI

15.

GREENPEACE

16.

MEDIA INDONESIA, dll.

        • Lecture "Mewujudkan Masyarakat yang berke-Tuhanan dan berkebudayaan"
        • Lecture "Mewujudkan Masyarakat yang berke-Tuhanan dan berkebudayaan"

          Lecture "Mewujudkan Masyarakat yang berke-Tuhanan dan berkebudayaan"

          Rabu, 19 Oktober 2011

        • Daftar Online Wisuda ke 101
        • Daftar Online Wisuda ke 101

          Jadwal Wisuda ke 101

          No

          Kegiatan

          Waktu

          1

          Pendaftaran Online

          23 Mei – 22 Juni 2016

          2

          Pelaksanaan Wisuda

          20 dan 21 Agustus 2016

          Skema Pendaftaran Online
          No Kegiatan Lokasi
          1 Revisi Skripsi Bag. Adm. Prodi
          2 Nilai Yudisium/Skripsi Bag. Adm. Prodi
          3 Surat Keterangan Lulus Bag. Akdmik. FISIP
          4 Generate Daftar Wisuda AIS.UINJKT.AC.ID
          5 Kode Bayar Wisuda Bank BNI
          6 Verifikasi Keuangan Keuangan Pusat
          7 Verifikasi Hardcover+CD Perpustakaan Pusat
          8 Verifikasi Hardcover+CD Perpustakaan Fakultas
          9 Validasi Data Skripsi AIS.UINJKT.AC.ID
          10 Daftar Wisuda AIS.UINJKT.AC.ID
          11 Upload Persyaratan Wisuda AIS.UINJKT.AC.ID
        • SPMB Mandiri 2016
        • SPMB Mandiri 2016

          Selamat Datang Peserta SPMB Mandiri 2016 UIN di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

          Selamat Mengikuti Ujian Tulis SPMB Mandiri 2016 Semoga Sukses

        • Pengumuman SBMPTN 2016
        • Pengumuman SBMPTN 2016

          Info dr SBMPTN 2016
          "Hasil seleksi SBMPTN 2016 akan diumumkan mulai tanggal 28 Juni 2016 pukul 14.00 WIB, yang dapat diakses pada laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id atau pada laman mirror :

          http://sbmptn.itb.ac.id
          http://sbmptn.unsyiah.ac.id/ http://sbmptn.undip.ac.id
          http://sbmptn.unand.ac.id http://sbmptn.ugm.ac.id
          http://sbmptn.unsri.ac.id http://sbmptn.its.ac.id
          http://sbmptn.ui.ac.id http://sbmptn.unair.ac.id
          http://sbmptn.ipb.ac.id http://sbmptn.untan.ac.id
          http://sbmptn.unhas.ac.id"

        • Kegiatan UTS
        • Kegiatan UTS

          PELAKSANAAN UTS DIMULAI PADA TANGGAL 20 OKTOBER 2014

        • Jadwal Daftar Ulang Mahasiswa Lolos Seleksi SPMB Mandiri
        • Jadwal Daftar Ulang Mahasiswa Lolos Seleksi SPMB Mandiri

          Inilah Jadwal Daftar Ulang Mahasiswa Lolos Seleksi SPMB Mandiri


          Gd. Akademik,BERITA UIN Online– UIN Jakarta menjadwalkan proses daftar ulang mahasiswa-mahasiswi baru yang dinyatakan lolos seleksi jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri 2015 sepanjang hari Senin-Jumat 03-21 Agustus. Proses daftar ulang dilakukan dibagi ke dalam beberapa hari berdasar kelompok asal fakultas.
          Demikian Data Jadwal Daftar Ulang Mahasiswa Baru Tahun 2015 Kelompok Sarjana Strata Satu (S1) dikutip BERITA UIN Online, Minggu (02/08/2015). “Jadwal berikut merupakan jadwal daftar ulang secara menyeluruh, termasuk verifikasi nilai rapor, pembayaran, pengisian data secara online, penyerahan berkas, cek kesehatan, dan lain-lain,” catat data tersebut.
          Untuk mahasiswa baru Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), kegiatan daftar ulang diajdwalkan pada hari Senin-Selasa (03-04 Agustus). Selanjutnya di hari Rabu (05 Agustus), dibuka proses daftar ulang bagi mahasiswa baru yang diterima di Fakultas Adab dan Humaniora. Pada hari Kamis-Jumat (06-07 Agustus), proses daftar ulang dibuka bagi mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Syariah dan Hukum.
          Di pekan kedua, dibuka kegiatan daftar ulang untuk mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah dan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi pada hari Senin-Selasa (10-11 Agustus). Dilanjutkan mahasiswa Fakultas Psikologi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada hari Rabu-Kamis (12-13 Agustus).
          Untuk mahasiswa baru Fakultas Sains dan Teknologi, kegiatan daftar ulang dilakukan pada hari Jumat dan Selasa (14 dan 18 Agustus). Sedangkan daftar ulang Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dijadwalkan pada Rabu dan Kamis (19-20 Agustus. Terakhir, daftar ulang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dilakukan pada Jumat (21 Agustus).
          Sebagai catatan, terdapat beberapa persyaratan daftar ulang yang harus disiapkan mahasiswa baru. Diantaranya, Kartu Peserta Ujian, File Foto Resmi dengan background merah dan sesuai ketentuan, Foto Copy Ijazah atau Surat Lulus asli atau hasil UN asli, Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Sekolah/Kepolisian, dan Foto Copy KTP/Kartu Pelajar. (ZM)

          2240 Total Views98 Views Today
        • Pengumuman SPMB Mandiri 2015
        • Pengumuman SPMB Mandiri 2015

          Inilah Jadwal Pengumuman SPMB Mandiri UIN Jakarta


          DI8W3377

          Gd. Akademik,BERITA UIN Online– Pengumuman seleksi masuk mahasiswa baru UIN Jakarta melalui jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun akademik 2015/2016 dijadwalkan pada hari Sabtu 1 Agustus 2015. Informasi kelulusan akan disampaikan melalui lamanhttp://penerimaan.uinjkt.ac.id.

          Demikian disampaikan Kasubag Publikasi dan Dokumentasi UIN Jakarta Feni Arifiani S.Ag MH kepadaBERITA UIN Online, Jumat (31/07/2015). “Mohon para peserta seleksi untuk memantau informasi kelulusan melalui laman tersebut,” ujarnya.
          Cara pengecekan kelulusan, terang Feni, bisa dilakukan peserta dengan meng-input nomor peserta pada form yang disediakan pada laman tersebut. Setelah nomor peserta dimasukan, maka informasi kelulusan akan ditampilkan.
          Feni menambahkan, peserta yang dinyatakan lulus seleksi untuk menyiapkan kelengkapan daftar ulang. Daftar ulang jalur ini dijadwalkan hari Senin-Jum’at, 03-21 Agustus 2015.
          “Untuk SPMB Mandiri akan ada rincian jadwal (daftar ulang, red.) per fakultas yang akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman kelulusan SPMB Mandiri,” tambahnya. (Luthfy R. Fikri)

          38135 Total Views98 Views Today
        • INFO KEPEGAWAIAN: IZIN/TUGAS BELAJAR 2015
        • INFO KEPEGAWAIAN: IZIN/TUGAS BELAJAR 2015

          No.: Un.01/B.I/Kp.01.1/2489/2015

          Perihal : Izin Belajar dan Tugas Belajar

          Kepada Yth.

          Dekan Fakultas;

          Dosen dan Pegawai

          UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

          Berdasarkan PP No. 12 Tahun 2002 tentang pemberian dan penyesuaian Ijazah untuk kenaikan pangkat, kami sampaikan sebagai berikut:

          1. Bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang akan melanjutkan studi, mohon segera mengusulkan permohonan Izin Belajar/Tugas Belajar;

          2. Bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang sedang melanjutkan studi dan sudah habis masa belajarnya, mohon segera mengusulkan perpanjangan Izin Belajar/Tugas Belajar;

          3. Bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang masih aktif melanjutkan studi mohon mengirimkan laporan hasil studi setiap semester ke Bagian Kepegawaian dan Peraturan Perundang-undangan Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

          Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

          An. Rektor

          Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian,

          TTD

          Dra. Hj. Reti Indarsih

          NIP. 19570922198703 2 001

        • Pengumuman Penelitian
        • Pengumuman Penelitian

          Pengumuman Kelulusan Penelitian dapat dilihat disini

        • INFO : EPUPNS 2015 TERAKHIR TANGGAL 7-12-2015
        • INFO : EPUPNS 2015 TERAKHIR TANGGAL 7-12-2015

          JADUAL KEGIATAN E-PUPNS TAHUN 2015

          DIBERITAHUKAN KEPADA SELURUH PNS DI LINGKUNGAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK BAHWA HARI SENIN TANGGAL 7 DESEMBER ADALAH HARI TERKAHIR PENGINPUTAN EPUPNS TAHUN 2015.

          DEMIKIAN ATAS PERHATIANNYA DIUCAPKAN TERIMA KASIH.

        • HARI LIBUR NASIONAL TANGGAL 9 DESEMBER 2015
        • HARI LIBUR NASIONAL TANGGAL 9 DESEMBER 2015

          DIBERITAHUKAN KEPADA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK BAHWA HARI RABU, TANGGAL 9 DESEMBER 2015 SEBAGAI HARI LIBUR NASIONAL.

          DEMIKIAN TAS PERHATIANNYA DIUCAPKAN TERIMA KASIH.

        • Formulir Alumni
        • Formulir Alumni

          Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta memanggil alumni Pemikiran Politik Islam, Ilmu Politik, Sosiologi Agama, Sosiologi dan Hubungan Internasional untuk mengisi formulir data alumni.

          Formulir dapat dilihat Klik Disini

        • BERITA DUKA CITA
        • BERITA DUKA CITA

          BERITA DUKA CITA

          INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI'UN

          Telah meninggal dunia Machmud bin Sabeni Ayahanda dari Risma Trihandayani

          Tanggal 1 Deember 2015. Alamat Duka: BEKASI

          Kami segenap civitas kademika FISIP UIN Syarif Hidayatullah mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya ayahanda Gema Al Wutsqo semoga amal ibadahnya diterima disisi Alah SWT.

          Kami yang berduka,

          Civitas Akademika FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

        • BATAS AKHIR LHKASN 31-12-2015
        • BATAS AKHIR LHKASN 31-12-2015

          Batas akhir penyerahan LHKASN tanggal 31 Desember 2015

          Bagi PNS dilingkungan FISIP yang belum menginput dan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) agar segera melakukan inputing dan mencetak hasil laporan bermaterai 6000 untuk dikumpulkan di bagian Kepegawaian FISIP selanjutnya akan dikirimkan ke Kepegawaian Rektorat dan secara kolektif diserahkan ke IRJEN. Kunjungi halaman disini

          Demikian Informasi ini kami sampaikan semoga bapak/ibu dapat maklum

          Divisi Kepegawaian FISIP

        • Pengumuman SPMB Mandiri 2016
        • Pengumuman SPMB Mandiri 2016

          ‪#‎InfoUIN‬Pengumuman Kelulusan SPMB Mandiri 2016 UIN Jakarta

          pengumuman-kelulusan-spmb-mandiri-2016-uin-jakarta (klik)

        • Daftar Online Wisuda ke 102
        • Daftar Online Wisuda ke 102

          Jadwal Wisuda ke 102

          No

          Kegiatan

          Waktu

          1

          Pendaftaran Online

          22 Agustus – 14 Oktober 2016

          2

          Gladi Bersih

          24 November 2016

          3

          Pelaksanaan Wisuda

          26 dan 27 November 2016

          NB: Jadwal Sewaktu-waktu berubah sesuai ketentuan Rektorat

          Skema Pendaftaran Online
          No Kegiatan Lokasi
          1 Revisi Skripsi Bag. Adm. Prodi
          2 Nilai Yudisium/Skripsi Bag. Adm. Prodi
          3 Surat Keterangan Lulus Bag. Akdmik. FISIP
          4 Generate Daftar Wisuda AIS.UINJKT.AC.ID
          5 Kode Bayar Wisuda Bank BNI
          6 Verifikasi Keuangan Keuangan Pusat
          7 Verifikasi Hardcover+CD Perpustakaan Pusat
          8 Verifikasi Hardcover+CD Perpustakaan Fakultas
          9 Validasi Data Skripsi AIS.UINJKT.AC.ID
          10 Daftar Wisuda AIS.UINJKT.AC.ID
          11 Upload Persyaratan Wisuda AIS.UINJKT.AC.ID

        • Daftar Online Wisuda ke 103
        • Daftar Online Wisuda ke 103

          Jadwal Wisuda ke 103

          No

          Kegiatan

          Waktu

          1

          Pendaftaran Online

          1 Desember 2016 – 21 Januari 2017

          2

          Gladi Bersih

          17 Februari 2017

          3

          Pelaksanaan Wisuda

          18 dan 19 Februari 2017

          NB: Jadwal Sewaktu-waktu berubah sesuai ketentuan Rektorat

          Skema Pendaftaran Online
          No Kegiatan Lokasi
          1 Revisi Skripsi Bag. Adm. Prodi
          2 Nilai Yudisium/Skripsi Bag. Adm. Prodi
          3 Surat Keterangan Lulus Bag. Akdmik. FISIP
          4 Generate Daftar Wisuda AIS.UINJKT.AC.ID
          5 Kode Bayar Wisuda Bank BNI
          6 Verifikasi Keuangan Keuangan Pusat
          7 Verifikasi Hardcover+CD Perpustakaan Pusat
          8 Verifikasi Hardcover+CD Perpustakaan Fakultas
          9 Validasi Data Skripsi AIS.UINJKT.AC.ID
          10 Daftar Wisuda AIS.UINJKT.AC.ID
          11 Upload Persyaratan Wisuda AIS.UINJKT.AC.ID
        • SK AKREDITASI PRODI FISIP
        • SK AKREDITASI PRODI FISIP

          No.

          Strata

          Program Studi

          No.SK

          Thn.SK

          Peringkat

          Tgl. Daluwarsa

          (tgl-bln-thn)

          61

          S1

          Sosiologi

          3209/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016

          2016

          A

          27-12-2021

          66

          S1

          Ilmu Politik

          0413/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017

          2017

          A

          26-01-2022

          67

          S1

          Ilmu Hubungan Internasional

          0414/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017

          2017

          A

          26-01-2022

          Download

        • IKATAN ALUMNI FISIP UINJKT
        • Pendaftaran Workshop Enterpreneur
        • Pendaftaran Workshop Enterpreneur

          WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

          Tema :

          “Menemukan potensi diri menjadi entrepreneur dalam Membangun pribadi yang Tangguh dan Mandiri”

          Untuk mewujudkan tujuan workshop tersebut, maka materi pokok yang akan diberikan adalah :

          1. Menemukan Potensi Diri Menjadi Entrepreneur,
          oleh Cut Erika Ananda Fatimah SE., MBA (Dosen FEB UIN Jakarta)

          2. Kiat-kiat Membuka Usaha, oleh Asmui, SE (Owner Javapucino, Alumni UIN Jakarta)

          Kegiatan Workshop entrepreneur bagi mahasiswa ini dilaksanakan pada :
          Hari/Tanggal : Rabu, 29 Maret 2017.
          Waktu : Pukul 09.00 sd 16.00
          Tempat : Aulamadya Lt.1 FISIP UIN JAKARTA

          Peserta Terbatas....!!! Khusus untuk Mahasiwa Semester VI (enam) ke atas.


          PENDAFTARAN (klik)

        Alumni

        Form untuk Alumni untuk bisa dilengkapi supaya terjalin ikatan Alumni FISIP UIN Jakarta.

        Click Here

        • The 2nd International Conference on Social and Political Sciences (ICSPS-2016)
        • The 2nd International Conference on Social and Political Sciences (ICSPS-2016)

          Tuesday 6th, September, 2016

          The International Conference on Social and Political Sciences 2016 also known as ICSPS will be the second annual social science conference hosted by The Faculty of Social and Political Sciences Syarif Hidayatullah State Islamic University in Jakarta, Indonesia. The conference provides a platform where scholars, researchers, policy-makers, practitioners, students and NGO members can interact with each other. ICSPS aims to explore various social and political issues throughout the world and search for a possible solution regarding these issues. We seek to improve mutual understanding and collaborative works amongst people thereby enhancing people’s social life and welfare. Based on the success of the 1st conference regarding the explaination of religious radicalism and political violence, this year the theme of ICSPS 2016 will be “Religion and Globalization: Possibilities and Challenges to New Global Order”.

          CLICK HERE

        • Pelepasan Calon Wisudawan Ke 101
        • Pelepasan Calon Wisudawan Ke 101

          PELEPASAN CALON WISUDAWAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK KE 101
          TANGGAL 18 AGUSTUS 2016 DI AUDITORIUM FISIP JAM 13.00 S/D SELESAI
          Serta Daftar IPK Mahasiswa/i Terbaik FISIP UIN Jakarta Genap 2015/2016

          2015 2014 2013 2012
          HUBUNGAN INTERNASIONAL WINDA SHABRINA ADANI FARIHAH NISHFAH LAILAH RORIEN NOVRIANA FATHU HIDAYAT RAHMATULLAH
          11151130000091 11141130000006 1113113000056 1112113000085
          4.00 3.94 3.78 3.90
          ILMU POLITIK Diana Novita Sari MOHAMMAD EZHA FACHRIZA ROSHADY Putri Puspita ARI ALFIATUL ROCHMAH
          11151120000044 11141120000001 1113112000011 1112112000033
          3.76 3.77 3.80 3.73
          SOSILOGI SITI AMALIA ARRAYYAN ZHOHIRUSSALAM ALMA'A DITA RISMAYANTI DERINAH
          11151110000029 11141110000025 1113111000019 1112111000066
          3.94 3.81 3.79 3.59
        • Visitasi Akreditasi Prodi Sosiologi
        • Visitasi Akreditasi Prodi Sosiologi

          Visitasi Akreditasi Program Studi Sosiologi

          Assesor 1 : Prof. Dr. Subagyo Adam, MS dari UNAIR

          Assesor 2 : Dr. Maskurin, M.Si. dari UNSOED

          Pada Hari Jum'at - Minggu

          Tanggal 14 - 16 Oktober 2016

        • Visitasi Akreditasi Prodi Ilmu Politik
        • Visitasi Akreditasi Prodi Ilmu Politik

          Visitasi Akreditasi Prodi Ilmu Politik

          Assesor 1 : Adi Suryadi, Dr., MA. dari UNHAS

          Assesor 2 : Edi Santoso, Dr., Drs., SU. dari UNDIP

          Pada Hari Jum'at sampai dengan Minggu,Tanggal 4-6 November 2016

          di FISIP UIN Jakarta

        • The 2nd lecture series
        • The 2nd lecture series

          The 2nd lecture series on 'The American Election 2016: Race to the Bottom' bersama Kevin Fogg

          (Center for Islamic Studies, Oxford University) Pada
          Hari : Rabu, 26 Oktober 2016
          Waktu : 09.30-12.00 siang
          Tempat: Aulamadya FISIP LT 1

        • Sosialisasi Goes to Campus
        • Sosialisasi Goes to Campus

          Laboratorium Ilmu Politik (Lab-Pol) Program Studi Ilmu Politik FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan KPU Banten telah menyelenggarakan Sosialisi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten di Aula FISIP pada hari Kamis 27 Oktober 2018. Pembicara dalam acara tersebut adalah Agus Supatmo, M.Si dari KPU Banten, Badrussalam, M.Si dari KPU Tangerang Selatan, dan Dr. Iding Rosyidin, M.Si, Ketua Prodi Ilmu Politik FISIP. Acara yang bertujuan untuk mensosialisasilan Pilgub Banten 2017 ini dihadiri oleh sekitar seratus dua puluh mahasiswa dari lingkungan FISIP UIN Jakarta.

        • FISIP DAY 2016
        • FISIP DAY 2016

          FISIP DAY 2016

          Pada Hari : Senin s/d Rabu

          Tanggal : 31 Oktober sampai 3 November 2016

          Tempat : di Auditorium FISIP UIN Jakarta

        • Public Lecture
        • Public Lecture

          Public Lecture

          The Dynamics of Diplomatic Relations of Indonesia and Australia

          H.E. Dr. Justin Lee, Deputy Head of Mission to Indonesia, Australian Embassy

          Date: Tuesday, 27th September 2016

          Time: 10.00 – 11.30 am

          Venue: Aula Madya Level 1 Faculty of Social and Political Science, SyarifHidayatullah State Islamic University Jakarta, address: JalanKertamukti no 5 Ciputat, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan

          10.00 – 10.10

          Opening Ceremony

          Indonesian Anthem

          10.10 – 10.30

          Welcoming Speech by Prof. Dr. Zulkifli, MA, Dean of Faculty of Social and Political Science, SyarifHidayatullah State Islamic University Jakarta

          10.30 – 10.50

          Public Lecture by H. E. Dr. Justin Lee: “The Dynamics of Diplomatic Relations of Indonesia and Australia”

          10.50 – 11.05

          Q&A

          11.05 – 11.10

          Closing

          Hubungan Indonesia dan Australia

          Dr. Justin Lee menyebut pentingnya hubungan Indonesia dan Australia karena tiga alasan utama. Pertama, kedua wilayah memiliki keterkaitan sejarah. Pelaut dan pedagang dari Indonesia, khususnya dari Makassar telah melakukan hubungan perdagangan dan eksplorasi hasil laut sejak lebih dari satu abad yang lalu. Banyak orang-orang Makassar menikah dengan suku Aborigin dan kini generasi Makassar dan nama-nama serta bahasa Makassar digunakan di wilayah Nothern Territory, wilayah utama suku Aborigin.

          Alasan kedua yaitu hubungan politik. Australia mendukung kemerdekaan Indonesia, dibuktikan dengan dukungan Australia terhadap republikan. Hubungan politik terus berkembang termasuk hubungan diplomatik kedua negara yang harmonis dan saling mendukung. Ada beberapa ketegangan hubungan diplomatik dalam sejarah kedua negara terkait dengan tuduhan Indonesia atas Australia yang dianggap mendukung referendum Timor Timur yang kemudian berujung pada kemerdekaan Timor-Timur. Kekhawatiran Indonesia juga akan terjadi pada Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang memiliki tujuan berpisah dari Indonesia.

          Pemerintah Australia meyakinkan bahwa Australia mendukung penuh teritori Indonesia termasuk pengauasaan Indonesia atas Papua. Kasus ini dianggap sangat berbeda dengan kasus Timor Timur. Hanya saja, Indonesia harus memerhatikan pelanggaran HAM yang menimpa rakyat Papua.

          Ketiga, alasan ekonomi dan perdagangan. Baik Australia maupun Indonesia saling membutuhkan sebagai negara yang bermitra. Perdagangan edua negara memiki hubungan yang khas. Petani dan peternak Australia memilih Indonesia sebagai target utama ekspor baik hasil pertanian dan peternakan.

          Lessons to Learn

          Hubungan diplomatik kedua negara memang mengalami pasang surut. Pergantian rejim menyisakan hubungan yang dinamis. Jamie Mackie menyebut adanya gap moral dan inetgrtitas yang sering menyebabkan kesalah pahaman. Perdana Menteri Malcolm Turnbull yang kembali terpilih pada 2016 telah memperkokoh hubungan dengan Presiden Joko Widodo melalui kunjungan resmi kenegaraan. Menteri dan petinggi pemerintahan Australia dan Indonesia telah saling berkunjung.

          Dalam Public Lecture ini Dr. Justin Lee menyumbangkan buku ke Laboratorium Hubungan Internasional sebagai bahan kuliah Kajian Wilayah Hubungan Internasional.

        • Visitasi Akreditasi Prodi HI
        • Visitasi Akreditasi Prodi HI

          Visitasi Akreditasi Prodi Ilmu Hubungan Internasional

          Assesor 1 : Adi Suryadi, Dr., MA. dari UNHAS

          Assesor 2 : Edi Santoso, Dr., Drs., SU. dari UNDIP

          Pada Hari Kamis sampai Sabtu,Tanggal 8-10 Desember 2016

          di FISIP UIN Jakarta

        • Pelepasan Calon Wisudawan ke-102
        • Pelepasan Calon Wisudawan ke-102

          PELEPASAN CALON WISUDAWAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK KE 102
          TANGGAL 24 NOVEMBER 2016 DI AUDITORIUM FISIP JAM 13.00 S/D SELESAI

          Serta Daftar IPK Mahasiswa/i Terbaik FISIP UIN Jakarta Genap 2016/2017

          FAKULTAS SOSIOLOGI ILMU POLITIK ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL
          WISUDAWAN TERBAIK AMRINA RASYADA HENDI PRADIKA SYAHRIZAL ACHMAD AMRINA RASYADA
          1112113000030 1111111000018 1112112000044 1112113000030
          3.70 3.43 3.28 3.70

        • Studi Banding
        • Studi Banding

          Studi Banding Tata Usaha

          Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

          dari Tanggal 1-2 Desember 2016

          Hari Pertama tiba di Universitas Negeri Padang pada hari Kamis, 1 Desember 2016, jam 09:00 dan diterima oleh Pihak Dekanat Universitas Negeri Padang Antara lain: Wadek I, Wadek II, Wadek III, Kabag. Tata Usaha, Subbag. Akademik, Subbag. Umum, Kepala Perpustakaan dan Staf, acara berjalan dengan hikmat dari pukul 09.00 s/d 12.30 WIB.

          Hari Kedua tiba di Universitas Andalas (UNAND) pada hari Jum'at, 2 Desember 2016 Jam 13:00. Diterima oleh Wadek I, Wadek II, Wadek III, Kabag. TU dan Staf Admin. Acara berlangsung pukul 13:00 s/d 16.30 WIB.

        • Studium General
        • Studium General

          Studium General Sosiologi dengan tema

          "Memahami Realitas Sosial Melalui Angka"

          Senin, 5 Desember 2016, Pukul 9.30 - 12.30 di Aula FISIP Lt.1

          Pembicara: Dr. Indera Ratna Irawati Pattinasarany, MA

        • Workshop RIPP FISIP 2017
        • Workshop RIPP FISIP 2017

          Workshop

          "PENYUSUNAN RENCANA INDUK PENGEMBANGAN PENELITIANUIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA"

          Jumat, 3 Februari 2017, di Aula FISIP UIN Jakarta Lt.1

        • Pelantikan Pengurus DEMA-SEMA-HMPS
        • Pelantikan Pengurus DEMA-SEMA-HMPS

          Pelantikan Pengurus SEMA Fakultas, DEMA Fakultas, HMPS

          Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

          UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

          Pada Tanggal 7 Februari 2017

          Bertempat di Auditorium FISIP UIN Jakarta lt.Basement

          DEMA Fakultas

          Penanggung Jawab : Prof. Dr. Zulkifli, MA
          Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
          Pengarah : Dr. Agus Nugraha, MA
          Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama
          Pembina : 1. Dr. Dzuriatun Thoyyibah, M.Si
          Wakil Dekan Bidang Akademik
          2. Dr. A. Bakir Ihsan, M.Si
          Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum
          Ketua : Annisa Nurul Janah
          Wakil Ketua : Dwi Luthfan Prakoso
          Sekretaris : Nanda Khairunnisa Jusuf
          Wakil Sekretaris : Shabrina Belinda Irawan
          Bendahara : Reni Rentika Waty
          Wakil Bendahara I : Rhinanda Avifa Fahmi
          Wakil Bendahara II : Dwisyifa Febriyanti

          SEMA Fakultas

          Ketua : Muhammad Jayakarta
          Wakil Ketua I : Yasser Resky Pratama Hutabarat
          Wakil Ketua II : Muhammad Numan
          Sekretaris : Siska Andrianika
          Bendahara : Fahmaiar Nur Oktavena

          HMJ SOSIOLOGI
          Pembina : 1. Dr. Cucu Nurhayati
          Ketua Program Studi Sosiologi
          2. Joharotul Jamilah M.Si
          Sekretaris Program Studi Sosiologi
          Ketua : Fauzan Jamal
          Wakil Ketua : Nia Nadia
          Sekretaris : Zhohirussalam Al Maarij
          Wakil Sekretaris : Allenia Kimalaksmy
          Bendahara : Arlinda Saraswati
          Wakil Bendahara : Efrilianda
          HMJ ILMU POLITIK
          Pembina : 1. Dr. Iding Rosyidin, M.Si
          Ketua Program Studi Ilmu Politik
          2. Suryani, M.Si
          Sekretaris Program Studi Ilmu Politik
          Ketua : Fitra Aditya Irsyam
          Wakil Ketua : Reza Muhammad Rizki
          Sekretaris : Mochammad Aufarmario Gamanurmahdi
          Wakil Sekretaris : Denny Rachmat Ghaffari
          Bendahara : Oktavia Dwi Sucipto
          Wakil Bendahara : Albizar Ghiffary
          HMJ HUBUNGAN INTERNASIONAL
          Pembina : 1. M. Adian Firnas, M.Si
          Ketua Program Studi Hubungan Internasional
          2. Eva Mushoffa, M.A
          Sekretaris Program Studi Hubungan Internasional
          Ketua : Mohamad Armansyah
          Wakil Ketua : Zahra
          Sekretaris : Siti Fatimah R.
          Wakil Sekretaris : Nurul Fazriah Ramadhan
          Bendahara : Ruella Salsabila
          Wakil Bendahara I : Niken Nur Alifah N.
          Wakil Bendahara II : Fahmi Fauzi

        • Pelepasan Calon Wisudawan ke 103
        • Pelepasan Calon Wisudawan ke 103

          PELEPASAN CALON WISUDAWAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK KE 103
          TANGGAL 16 FEBRUARI 2017 DI AUDITORIUM FISIP JAM 13.00 S/D SELESAI

          Serta Daftar IPK Mahasiswa/i Terbaik FISIP UIN Jakarta Genap 2016/2017

          FAKULTAS SOSIOLOGI ILMU POLITIK ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL


          WISUDAWAN TERBAIK
          Muhammad
          Bahrel Wafi
          Anggita Anggraeni Saeful Yahya Muhammad
          Bahrel Wafi
          1112113000091 1111111000027 1110112000019 1112113000091
          3.84 3.61 3.54 3.84

        • Rapat Dosen Genap 2017
        • Rapat Dosen Genap 2017

          Pelaksanaan Rapat Dosen FISIP

          FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

          TANGGAL 21 FEBRUARI 2017 DI AULA FISIP Lt.1 JAM 10.00 S/D SELESAI

          SEMESTERGenap 2016/2017

        • RAKER FISIP 2017
        • RAKER FISIP 2017

          RAPAT KERJA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UIN JAKARTA
          "OTIMALISASI ANGGARAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA FISIP BERBASIS INDIKATOR KINERJA UTAMA"
          Pada hari Selasa-Rabu Tanggal 14-15 Maret 2017
          AULAMADYA Lt.1 FISIP UIN JAKARTA

          Nara Sumber :
          Dr. A. Tjaja Nugraha, M.Si.
          Drs. Subarja, M.Pd.