FISIP Daring. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada hari Senin, 3 September 2018 mengadakan kegiatan Academic Day. Acara ini berlangsung pukul 13.00 – 16.00 WIB. Untuk prodi Hubungan Internasional bertempat di Auditorium, prodi Ilmu Politik di Aulamadya, prodi Sosiologi di lab. Sosiologi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal lebih dalam mahasiswa baru tentang program studi yang mereka pilih dan bagaimana menyesuaikan diri dengan lingkungan akademik kampus yang berbeda dengan lingkungan akademik sekolah. Narasumber untuk kegiatan ini yaitu dari masing-masing kepala prodi dan sekretaris prodi.

Dr. Cucu Nurhayati, M.Si selaku Kaprodi Sosiologi menjelaskan materi tentang mengenalkan dan membangun “imaginasi sosiologi” untuk mahasiswa baru sebagai landasan dalam mengaplikasikan teori dan metedologi dalam masalah sosial.

Kaprodi Ilmu Politik yakni Dr. Iding Rosydin, M.Si dan Anna Sabhana Azmy, M.IP memaparkan tentang penulisan politik populer yang terdapat beberapa indikator yaitu, aktual, singkat, jelas, lugas, tegas. Mahasiswa diminta membuat 1 artikel dari 3 tema yaitu partai politik & parlemen, pemuda & nasionalisme, perempuan &politik. Hasil dari penulisan artikel tersebut kemudian dipresentasikan dan di moderatori langsung oleh mahasiswa dan didiskusikan ke semua peserta.

Ahmad Alfajri, MA sebagai Kaprodi Hubungan Internasional menjelaskan materi tentang ruang lingkup serta isu-isu yang dibahas dalam dalam program studi Hubungan Internasional termasuk juga paradigma yang berkembang.

Acara kegiatan Academic Day ini diharapkan mahasiswa mendapatakan pengetahuan tentang program studi yang diminatinya dan menjadikan proses perkuliahan itu hal yang mengasyikan bukan menjadi beban.